Sepekan, penggunaan masker di rumah hingga novel Indonesia di Inggris

id Pakai Masker,Pakai Masker di Rumah,Perhimpunan Dokter Paru ,Banjir Kota Padang,Longsor Kota Padang,Banjir Kabupaten Sigi,Desa Walatana,Anak Indonesia

Sejumlah warga dengan mengenakan masker berjalan dengan latar belakang spanduk peringatan bahaya COVID-19 di Sunter, Jakarta, Sabtu (22/8/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pembaca selama sepekan mulai dari saran dari dokter paru untuk tetap mengenakan masker di rumah hingga dua gadis cilik Indonesia terbitkan novel di Inggris.

1. Dokter paru sarankan tetap gunakan masker di rumah

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto mengimbau masyarakat agar tetap menggunakan masker meskipun saat berada di dalam rumah guna menekan kemungkinan transmisi COVID-19 pada anggota keluarga yang lain.

"Sebaiknya itu yang memang paling ideal dilakukan, terutama saat kita baru saja dari luar," kata Agus saat dihubungi di Jakarta, Selasa (8/9).

2. Banjir dan longsor landa Kota Padang

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak Rabu (9/9) malam telah menyebabkan sejumlah titik di Kota Padang, Sumatera Barat, mengalami banjir.

Selain banjir, sejumlah titik juga mengalami longsor yang menutupi seluruh badan jalan, seperti di Jalan Lintas Padang menuju Painan.

3. Banjir terjang Desa Walatana Kabupaten Sigi

Desa Walatana, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dilanda Banjir pada Minggu sore (6/9) yang menyebabkan sejumlah rumah warga dan rumah ibadah terendam.

Banjir berasal dari Sungai Ore di Desa Bangga yang meluap akibat intensitas hujan yang tinggi di hulu.

4. Dua gadis cilik Indonesia terbitkan novel di Inggris

Pandemi yang melanda Inggris membuat dua gadis cilik asal Indonesia, Hanarumai (12) dan Nadhifa (11), menjadi kreatif dan berhasil menerbitkan kisah fiksi berjudul Vanilla Velvet.

Kehadiran buku Vanilla Velvet menyambut Hari Aksara Internasional 2020 yang ditetapkan UNESCO jatuh setiap 8 September, ketika dunia sedang berperang melawan penyakit COVID-19.

5. Peringatan dini cuaca sejumlah provinsi dari BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan kemungkinan hujan lebat, angin kencang, hujan badai, dan kebakaran hutan dan lahan di sejumlah provinsi.

Berdasarkan peta peringatan yang dikeluarkan Sabtu (5/9) pukul 23.00 WIB yang dikutip dari portal resmi BMKG di Jakarta, Minggu, kemungkinan hujan lebat terdapat di Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Papua. (T.D018)

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar