Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pelaku usaha kuliner Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Cempaka Putih, Jakarta Pusat masih melayani pelanggan untuk makan di tempat atau melanggar ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai 14 September 2020 di Ibu Kota.

Berdasarkan pantauan ANTARA, di lokasi sementara (Loksem) JP 41 Jalan Cempaka Putih Tengah XXX, Jakarta Pusat, Selasa, misalnya masih terlihat beberapa pedagang UMKM melayani pelanggan yang makan di tempat.

Terlihat usaha yang melayani pelanggan adalah warung nasi yang menjual pecel ayam dan tempat makan baso.
UMKM kuliner di Cempaka Putih masih melayani pelanggan makan di tempat saat PSBB dan tidak menjalani aturan Pergub 88/2020 terkait makanan dan minuman yang hanya membolehkan untuk langsung dibawa pulang, Selasa (15/9/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Para pengunjung yang makan di tempat pun terlihat memarkirkan secara langsung kendaraannya di depan kios Loksem JP 41 yang masih buka.

Tidak hanya loksem JP 41, ada juga Loksem JP 42 yang tidak jauh dari lokasi pertama dan ditemukan beberapa pedagangnya masih melayani pelanggan untuk makan di tempat.

Hal itu tidak sejalan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI 88/2020 yang hanya memperbolehkan usaha kuliner melayani pelanggan dengan membungkus makanan (take away).

Pergub 88/2020 pasal 10 mengatur kewajiban bagi kegiatan penyediaan makanan dan minuman harus dipastikan dibawa pulang langsung bukan untuk dinikmati di tempat.

"Membatasi layanan hanya untuk dibawa pulang secara langsung (take away), melalui pemesanan secara daring, dan/atau dengan fasilitas telepon/ layanan antar," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam pasal 10 ayat 3 butir a dalam Pergub 88/2020 itu.

Baca juga: PSBB Jakarta, 400 personel diturunkan cegah kerumunan ojek daring
Baca juga: PSBB Jakarta, Satpol PP tutup paksa warung-restoran di Jakarta Timur

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020