TransJakarta beri 2 layanan bagi penyandang disabilitas di Harhubnas

id TransJakarta,Hari Perhubungan Nasional, Penyandang Disabilitas,PIS,Masker,Harhubnas

Petugas di Halte TransJakarta membagikan masker kepada penumpang di Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) , Kamis (17/9/2020).(ANTARA/HO/Humas TransJakarta)

Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menyediakan dua layanan berupa pembagian masker dan wastafel khusus untuk penyandang disabilitas di Hari Perhubungan Nasional pada Kamis, 17 September 2020.

Sebanyak 1.000 masker dengan desain di bagian depannya transparan dibagikan sehingga memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi. Sedangkan untuk wastafel TransJakarta, merancang desain khusus untuk pengguna kursi roda.

"Wastafel portabel ini juga dirancang khusus sehingga ramah digunakan oleh pelanggan disabilitas," ujar Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta Achmad Izzul Waro dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Wastafel itu tersedia di 100 titik halte yang juga merupakan halte bagi disabilitas. Saat ini wastafel portabel itu sudah ada di empat titik, yaitu di Halte Sunan Giri, Halte Walik Kota Jakarta Timur, Halte Pasar Kramat Jati dan Halte Rumah Sakit Islam.

Baca juga: TransJakarta sesuaikan waktu operasional imbas PSBB Jakarta
Baca juga: TransJakarta tiadakan layanan bus wisata di PSBB pengetatan

Pelanggan TransJakarta yang menggunakan kursi roda mencuci tangan di wastafel portabel yang dihadirkan TransJakarta pada perayaan hari perhubungan nasional 2020, Kamis (17/9/2020) (ANTARA/HO/Humas TransJakarta)

Izzul mengatakan desain wastafel portabel untuk pengguna kursi roda dibuat dengan pijakan wastafel yang lebih rendah sehingga memudahkan pengguna kursi roda ketika mencuci tangannya.

Selain wastafel portabel dan pembagian masker, TransJakarta juga menyiapkan Passanger Information System (PIS) atau sistem informasi untuk pelanggan yang akan dilengkapi dengan bahasa isyarat.

PIS itu nantinya ada di 237 halte dan merupakan hasil kolaborasi antara TransJakarta dengan Komunitas Handai Tuli dan Komunitas Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN).

Kedua komunitas itu nantinya mengisi konten-konten yang berguna di dalam PIS dan mudah untuk diakses pelanggan.

"Tentu harapannya agar bisa memudahkan pelanggan terutama pelanggan disabilitas ketika menggunakan layanan TransJakarta terutama di saat pandemi seperti ini sehingga pelanggan tetap terinformasi info-info terbaru dari Transjakarta,"  Izzul.


Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar