di tempat umum seperti Stasiun MRT ini kita harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian  Perhubungan bersama PT MRT Jakarta (Perseroda) menyosialisasikan gerakan kesehatan peduli 3M (Menjaga jarak, Mencuci tangan, Memakai masker) dan  aturan bersepeda saat Hari Perhubungan Nasional 2020.

"Kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun kita berada untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, apalagi di tempat umum seperti Stasiun MRT ini kita harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan," ujar Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di Jakarta, Jumat.

Sosialisasi aturan bersepeda dilakukan lewat diskusi daring yang memuat aturan-aturan saat bersepeda yang aman bagi pengendara sepeda.

Tak hanya itu, kegiatan berlanjut dengan Menhub Budi Karya Sumadi bersepeda di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) bersama artis Deddy Corbuzier dan penyanyi Ryan D'masiv.

Baca juga: Menhub paparkan tantangan transportasi yang belum terselesaikan

Acara itu diakhiri dengan perjalanan menggunakan MRT Jakarta dari Stasiun Istora Mandiri menuju Stasiun Bundaran HI.

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar pun ikut berpesan dengan mengingatkan agar para pelanggannya tetap menjalankan 3M saat bermobilisasi dengan MRT Jakarta.

"Satu lagi, maskernya harus benar dan selama naik kereta tidak boleh berbicara atau ngobrol untuk menghindari penyebaran droplets,” menambahkan pesannya bagi para pelanggan MRT Jakarta.

MRT Jakarta turut mendukung para pesepeda dengan menyediakan fasilitas sebanyak 25 rak sepeda yang tersebar di 13 stasiun. Satu rak sepeda mampu menampung hingga 10 unit sepeda.

Letak rak sepeda yang berdekatan dengan pintu masuk (entrance) stasiun menjadikan setiap rak sepeda selalu berada dalam pengawasan petugas saat berjaga atau patroli di sekitar stasiun sehingga sepeda yang dititipkan aman.

Baca juga: TransJakarta beri 2 layanan bagi penyandang disabilitas di Harhubnas
Baca juga: Harhubnas, Menhub ingin transportasi jadi garda terdepan cegah pandemi

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020