Jayapura (ANTARA) - Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengaku pesawat Dabi Air dengan nomor penerbangan PK-DPG ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Bandara Bilogai, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.
 
"Memang benar ada laporan penembakan terhadap pesawat milik Dabi Air namun tidak mengenai badan pesawat," kata Kamal di Jayapura, Jumat.
 
Insiden dilaporkan terjadi sekitar pukul 08.38 WIT terdengar bunyi tembakan sebanyak dua kali terhadap pesawat Dabi Air PK- DPG yang saat itu terbang dari ketinggian diperkirakan dari ujung Bandara Bilorai dengan jarak kurang lebih 300 meter dari landasan pacu (runway).

Baca juga: Panglima Kodam XVII: Tidak ada pesawat sipil ditembak di Oksibil
 
"Sesaat setelah mendarat dipastikan tidak ada peluru yang mengenai badan pesawat," kata Kamal.

Dia mengakui dari laporan yang diterima sesaat setelah pesawat Dabi Air tiba dilanjutkan pesawat milik Rimbun Air dengan nomor penerbangan PK OTJ tiba di Bandara Bilogai yang membawa jenazah Serka Sahlan ke Nabire.
 
Setelah dipastikan tidak ada peluru yang mengenai badan pesawat, pesawat Dabi Air dengan pilot Rofliudin dan co pilot Obet Obaidilah terbang kembali ke Timika.

Baca juga: Pesawat Casa CN A-2909 diduga ditembak menggunakan senjata M 16
 
Kasus penembakan dan penganiayaan terhadap warga sipil dan aparat keamanan sebelumnya pernah terjadi yakni penembakan terhadap dua tukang ojek yang terjadi Minggu (14/9), kata Kombes Kamal.
 
Dia menambahkan aparat gabungan TNI/Polri masih terus melakukan pengejaran terhadap para pelaku penembakan dan belum dipastikan kelompok mana yang melakukan penembakan.
 
"Personel TNI-Polri masih melakukan pengamanan di sekitar Sugapa untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas," jelas Kombes Kamal.

Baca juga: Susi Air gelar penyelidikan internal insiden penembakan di Papua

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020