Jakarta (ANTARA) - Teknologi sejak beberapa tahun belakangan ini membantu orang menjalin hubungan baru, pertemanan maupun percintaan.

Berkenalan dengan orang yang baru lewat media sosial atau aplikasi kencan online bukan lagi hal yang asing, apalagi sudah banyak pengguna ponsel pintar di Indonesia. Berikut ini adalah kumpulan lima aplikasi kencan online yang sering dipakai di dalam negeri.
 
1. Tinder
Aplikasi kencan ini termasuk yang paling populer di Indonesia, juga pelopor fitur geser atau "swipe" ke kanan dan kiri untuk menyukai dan tidak menyukai profil yang dilihat.

Pengguna baru bisa mengobrol jika sama-sama saling "swipe" kanan atau menyukai profil yang dilihat.

Baca juga: Cari teman lewat aplikasi serupa Tinder

​​​​​​​
Baca juga: Hati-hati berbagi data pribadi di situs kencan


2. Setipe
Aplikasi Setipe memiliki jargon "healthy relationship" alias hubungan yang sehat.

Salah satu keunikan aplikasi buatan Indonesia ini, mereka menyediakan jasa konsultasi dengan psikolog agar bisa menemukan orang yang sesuai dengan kepribadian.

3. OKCupid
Berbeda dengan Tinder, pengguna OKCupid bisa mengobrol dengan siapa saja, tidak perlu saling menyukai profil untuk bisa mengakses fitur chat.

Sebelum bertemu secara virtual, OKCupid meminta pengguna untuk menjawab beberapa pertanyaan agar bisa terhubung dengan orang-orang yang cocok.

4. Badoo
Meski pun bisa diunduh secara gratis, aplikasi Badoo menawarkan beberapa fitur berbayar melalui in-app purchases, membeli lewat aplikasi.

Badoo terkenal dengan fitur nearby, yang bisa menemukan pengguna Badoo lainnya yang sedang berada di dekat lokasi.

5. Tantan
Aplikasi ini juga mengadopsi gaya "swipe" kanan-kiri a la Tinder untuk memilih teman mengobrol.

Tantan memiliki fitur Break The Ice, pengguna akan diberikan sepuluh pertanyaan untuk lebih banyak memahami lawan bicara.

Baca juga: Tinder diblokir di Pakistan

Baca juga: Facebook diam-diam kembangkan aplikasi kencan

Baca juga: Kencan "online" di tengah virus corona

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020