Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan manager meeting klub Liga 1 musim 2020 yang digelar secara temu fisik di Bandung, Senin, menekankan soal protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Klub memiliki tanggung jawab terhadap pemain dan ofisialnya untuk menerapkan protokol kesehatan," ujar Akhmad Hadian ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Senin.

Protokol kesehatan tersebut, kata dia, sebelumnya sudah dibicarakan dalam lokakarya yang berlangsung secara virtual, Kamis (16/9).

Baca juga: LIB gelar manager meeting klub Liga 1 tatap muka langsung di Bandung
Baca juga: LIB: Beban petugas medis liga tiga kali lebih berat saat pandemi


Beberapa kewajiban klub selama lanjutan Liga 1 musim 2020 di tengah pandemi adalah melakukan pemantauan terhadap kondisi pemain setiap hari, mewajibkan penggunaan masker, cuci tangan rutin dan menjaga jarak di luar pertandingan.

Kemudian, klub harus mengikutkan semua ofisial dan pemain dalam tes usap (swab test) COVID-19 yang diberikan cuma-cuma oleh LIB setiap 14 hari.

Manajemen klub juga diminta sigap untuk berkoordinasi jika ditemukan kasus positif COVID-19 di skuat.

Selain soal protokol kesehatan, Akhmad Hadian menyebut bahwa dalam rapat manajer itu LIB memastikan akan mencairkan subsidi termin pertama sebesar Rp800 juta kepada masing-masing klub di lanjutan Liga 1 musim 2020.

Baca juga: LIB berkomitmen berikan subsidi Rp800 juta per bulan untuk klub Liga 1
Baca juga: LIB tanggung biaya tes usap Liga 1


"Subsidi akan kami berikan dalam minggu ini, masih September 2020, sesuai janji kami kepada klub," tutur Akhmad Hadian.

Perubahan regulasi dan akomodasi klub peserta juga dibahas dalam rapat manajer tersebut.

General Manager Arema FC Ruddy Widodo menyambut baik kegiatan itu.

"Banyak yang didiskusikan dan disampaikan oleh LIB. Tidak ada yang sempurna, tetapi selalu ada keinginan untuk menjadi lebih baik. Kami merespon positif. Mudah-mudahan pertemuan kali ini bisa membuat kompetisi lebih maksimal," kata Ruddy.

Lanjutan Liga 1 musim 2020 berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Kompetisi digelar semusim penuh tetapi tanpa degradasi.

Semua laga Liga 1 2020 akan digelar di Pulau Jawa. Dengan dikonsentrasikan di sana, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: LIB apresiasi antisipasi COVID-19 oleh klub Liga 1 dan 2
Baca juga: Pemegang hak siar janji laga Liga 1 meriah meski tanpa penonton

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020