Firli adakan pertemuan khusus dengan 12 pejabat KPK yang baru dilantik

id FIRLI BAHURI, PEJABAT STRUKTURAL KPK, KPK, DIREKTUR PENYIDIKAN, SETYO BUDIYANTO

Dokumentasi - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (kanan) berbincang dengan anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar (tengah) disaksikan Albertina Ho (kiri) saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/1/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aa.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri akan mengadakan pertemuan khusus dengan 12 pejabat struktural KPK yang baru dilantik membahas tugas-tugas pemberantasan korupsi ke depan.

"Nanti kami akan lakukan pertemuan khusus dengan pejabat yang baru dilantik. Jadi, setelah ini kami akan melakukan pertemuan antara pejabat eselon I, eselon II, dan pimpinan terkait dengan tugas baru rekan-rekan," kata Firli saat memberikan sambutan usai pelantikan 12 pejabat struktural di Gedung KPK, Jakarta, Selasa.

Dalam kesempatan itu, Firli juga mengingatkan mengenai tugas pokok KPK sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019.

"Pertama, melakukan pencegahan agar tidak terjadi korupsi. Kedua, berkoordinasi dengan instansi terkait yang berwenang melaksanakan pemberantasan korupsi dan pelayanan publik," kata Firli.

Baca juga: KPK resmi lantik Direktur Penyidikan dan 11 pejabat struktural lainnya

Ketiga, melakukan monitoring atas penyelenggaraan pemerintahan negara; keempat melakukan supervisi terhadap instansi yang berwenang melaksanakan pemberantasan korupsi.

Kelima, melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi dan keenam adalah melaksanakan putusan pengadilan dan hakim yang telah berkekuatan hukum tetap.

Selain tugas pokok, Firli juga mengingatkan kepada 12 pejabat struktural itu terkait dengan visi dan misi KPK.

"Pertama, melakukan pencegahan dengan perbaikan sistem, kedua melakukan pencegahan dengan pendekatan pendidikan masyarakat. Saya garis bawahi pendidikan masyarakat jadi penting karena sesungguhnya kita mampu mengubah dunia dengan pendidikan," katanya.

Selain pencegahan, kata Firli, KPK juga melakukan penindakan dengan menitikberatkan dalam hal pengembalian kerugian negara, penyelamatan kerugian negara, dan pengembalian uang hasil korupsi (asset recovery).

Baca juga: Direktur Penyidikan KPK dijabat Brigjen Pol Setyo Budiyanto

"KPK membangun komitmen untuk transparan, profesional, dan akuntabel sehingga tetap dipercaya oleh rakyat," tuturnya.

Di akhir sambutannya, dia mengharapkan kepada para pejabat struktural tersebut agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Kami bersyukur telah mendapatkan para pegawai yang akan mengisi jabatan eselon II di KPK dan ini atas kehendak dan rida Allah Swt. Jalankan amanah dan terus sabar, ikhlas, dan bersyukur dengan apa yang akan diberikan pada masa yang akan datang," katanya.

Diketahui, KPK resmi melantik 12 pejabat struktural tersebut di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa, setelah melalui seluruh tahapan seleksi sejak Juni 2020.

Mereka yang dilantik, yakni Direktur Penyidikan (Dirdik) Setyo Budiyanto, Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) Tomi Murtomo, dan Direktur Pengolahan Informasi dan Data (Pinda) Riki Arif Gunawan.

Sembilan orang sebagai koordinator wilayah, yakni Asep Rahmat Suwanda, Aminuddin, Budi Waluyo, Aida Ratna Zulaiha, Didik Agung Widjanarko, Agung Yudho Wibowo, Bahtiar Ujang Purnama, Kumbul Kuswijanto Sudjadi, dan Yudhiawan.

Pewarta : Benardy Ferdiansyah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar