KPU Jatim: Bakal kontestan Pilkada terkonfirmasi COVID-19 satu orang

id kpu jatim,pilkada serentak,pilkada 2020,pilkada lanjutan serentak 2020,kontestan covid-19,pilkada,pilkada serentak 2020

Ilustrasi - Pilkada lanjutan serentak 2020. (ANTARA Jatim/Naufal Ammar)

Surabaya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa bakal kontestan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak lanjutan 2020 yang masih terkonfirmasi positif COVID-19 tinggal satu orang.

"Sampai sekarang tinggal satu bakal kontestan yang dinyatakan belum sembuh dan itu sudah kami laporkan ke KPU RI," ujar Komisioner KPU Jatim Insan Qoriawan ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, tugas KPU Jatim adalah menerima laporan dari KPU Kabupaten/Kota, kemudian melaporkannya ke KPU RI.

Insan mengaku beberapa hari lalu menerima laporan dari penyelenggara pilkada di daerah bahwa terdapat empat bakal kontestan yang terkonfirmasi positif COVID-19, yakni Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Malang.

Baca juga: Mahfud: Pemerintah tidak ingin pimpinan 270 daerah dijabat Plt
Baca juga: Bawaslu Kalbar: 2.323 petugas pengawas ikuti tes cepat COVID-19
Baca juga: Pengamat: Pilkada 2020 ditunda untuk keselamatan rakyat


Namun, kata dia, setelah menerima laporan lanjutan, tiga bakal kontestan sudah sembuh dan satu orang lainnya belum.

"Surabaya, Sidoarjo dan Trenggalek sudah negatif hasilnya. Tapi yang di Malang masih belum, yakni dari calon perseorangan. Semua sudah kami laporkan ke KPU RI," kata komisioner divisi bidang teknis dan penyelenggaraan tersebut.

Pada Selasa siang, KPU RI telah merilis bahwa bakal calon kepala daerah wakil kepala daerah Pilkada Serentak 2020 yang terkonfirmasi positif COVID-19 tinggal 13 orang dari data sebelumnya sebanyak 63 orang.

Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting Manik menyampaikan, data tersebut per 22 September 2020 pukul 10.09 WIB.

Data KPU merinci calon yang terkonfirmasi tersebut, yakni bakal calon wakil kepala daerah untuk Kota Sibolga, bakal calon kepala daerah Serdang Bedagai.

Kemudian bakal calon wakil kepala daerah Meranti, Sidoarjo, Nunukan, Bolaang Mongondow Selatan, Surabaya, Malang, Berau, Bolaang Mongondow Selatan, Yahukimo, Sorong Selatan, Manokwari Selatan.

Pilkada serentak lanjutan 2020 di Jatim digelar di 19 kabupaten/kota, saat ini sedang memasuki tahapan persiapan menuju penetapan pasangan calon.

Sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, penetapan pasangan calon digelar 23 September 2020 diikuti pengundian serta pengumuman nomor urut pada 24 September 2020.

Sementara itu, 19 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada serentak lanjutan di Jatim yakni Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Kediri, Gresik, Jember, Lamongan, Malang, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, dan Tuban.

Baca juga: KPU Jatim terima laporan penyelenggara terpapar COVID-19
Baca juga: KPU Gresik tidak ingin Pilkada jadi klaster penyebaran COVID-19
Baca juga: KPU Jatim evaluasi penerapan protokol kesehatan Pilkada 2020

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar