Kemendagri gelar rakor camat se-Indonesia secara virtual

id Kemendagri, camat

Kemendagri (www.kemendagri.go.id)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan menggelar rapat koordinasi camat secara virtual lewat kegiatan Webinar Nasional "Mendagri Menyapa Camat" Tahun 2020, Rabu.

Siaran pers Puspen Kemendagri yang diterima Rabu, rakor tersebut digelar dalam rangka sinergitas kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19 serta penegakan hukum protokol kesehatan di wilayah kecamatan.

Dalam laporannya, Direktur Jenderal Bina Adwil Safrizal ZA menyampaikan bahwa webinar tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada camat dan perangkat kecamatan agar melaksanakan program dan kegiatan dalam mendukung pencegahan dan pengendalian COVID-19, melalui penegakan hukum protokol kesehatan.

Baca juga: Stafsus Mendagri: Tingkatkan disiplin terapkan protokol kesehatan
Baca juga: Kemendagri: 48 daerah belum susun aturan protokol COVID-19
Baca juga: Gubernur Sumbar: Perda AKB masih dalam proses di Kemendagri


Untuk itu, Safrizal mengharapkan Mendagri Muhammad Tito Karnavian berkenan untuk memberikan arahan bagaimana adaptasi kebiasaan baru, kesatuan visi mulai dari pemerintahan nasional, pemerintahan daerah, sampai dengan tingkat kecamatan, kelurahan dan desa.

"(Ini) Merupakan salah satu kunci sukses di berbagai belahan negara di dunia dalam penanganan COVID-19," ujar Safrizal dari Ruang Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Jakarta.

Lebih lanjut, Safrizal berharap melalui rakor tersebut dapat terjalin sinergi kebijakan mulai dari tingkat nasional hingga tingkat kecamatan desa dan kelurahan dalam penegakan hukum protokol kesehatan di wilayah kecamatan yang merupakan basis komunitas paling bawah di samping desa dan kelurahan.

"Sehingga kegiatan pencegahan penanganan COVID-19 dapat kita laksanakan secara bersama-sama," imbuhnya.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan launching Buku Pedoman bagi Kecamatan dalam rangka mendukung pencegahan dan pengendalian pandemi COVID-19 serta penerapan adaptasi kebiasaan baru.

"Semoga dengan satu visinya nasional pemerintahan daerah sampai dengan level kecamatan, kelurahan dan desa, mudah-mudahan Allah SWT memberikan perlindungan kepada kita semua agar penanganan COVID-19 dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya," pungkas Safrizal.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar