Kodim 0504/JS kerahkan 160 personel bantu penanggulangan COVID-19

id kodim 0504/jakarta selatan, penanggulangan covid-19, jakarta selatan, TNI

Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Inf Ucu Yustiana, Kamis (24/9/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0504/Jakarta Selatan mengerahkan 160 personel untuk membantu penanggulangan COVID-19 dengan
melakukan penindakan hukum serta sosialisasi 4M.

Komandan Kodim (Dandim) 0504/Jakarta Selatan Kolonel Inf Ucu Yustiana di Jakarta, Kamis, mengatakan pihaknya bersinergi dengan Satpol PP dan Polrestro Jakarta Selatan dalam mendisiplinkan protokol kesehatan di masyarakat.

"Fokus kita lagi sekarang adalah di perkantoran, karena banyak juga di perkantoran ini yang terjangkit COVID-19, termasuk di perkampungan padat penduduk. Jadi, kita bersinergi dengan Polres Jakarta Selatan dan Satpol PP Jakarta Selatan," kata Kolonel Ucu.

Ucu menyebutkan, peran TNI selama penegakan disiplin adalah membantu Satpol PP Jakarta selatan dan jajaran Polri melakukan penindakan hukum.

"Kita juga menempatkan anggota di titik-titik tertentu yang berpotensi kerumunan masyarakat seperti di stasiun kereta KRL, MRT dan kemudian pasar serta di mal," ujarnya.
Peluncuran Tim khusus penindakan pelanggar protokol kesehatan COVID-19 di Mako Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (23/9/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Untuk personel Kodim 0504/Jakarta Selatan yang dilibatkan sebanyak 160 orang.

"Kami ada 'BKO' (bawah kendali operasi) di bawah Dandim, ada sekitar 400 orang dari marinir, Arhanud 10 dan Armed 10 Kostrad," kata Ucu.

Selain itu, tambah Ucu, Kodim 0504/Jakarta Selatan juga sudah mengaktifkan organisasi masyarakat (ormas) di bawah binaan Kodim 0504/Jakarta Selatan untuk membantu menyosialisasikan dan mengkampanyekan 4M.

"Kita berdayakan ormas-ormas binaan Kodim untuk kampanye 4M, yakni memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan dan menjauhi kerumunan," kata Ucu.

Rabu kemarin, Kodim 0504/Jakarta Selatan bersama Polres Metro Jakarta Selatan meluncurkan Tim khusus (Timsus) Penindakan Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19 yang beranggotakan personel TNI serta Polri.

Timsus memiliki tugas berpatroli mencari warga yang melanggar protokol kesehatan untuk diberikan teguran dan penindakan bersama dengan Satpol PP.

Baca juga: Kodim 0504/Jaksel bentuk Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan
Baca juga: Kodim 0504/Jaksel siagakan 350 personel kawal PSBB

 

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar