Dari delapan 'batch' yang sudah dikirim, sebanyak tujuh 'batch' sebelumnya sudah dioperasikan Bangladesh Railway
Madiun (ANTARA) - PT INKA (Persero) menyelesaikan pengiriman 250 kereta pesanan Bangladesh, yang ditandai dengan pengiriman ekspor batch atau tahap terakhir.

General Manager Perencanaan Operasi dan Penyediaan Jasa (POPJ) INKA Suwun Setyanto mengatakan pengiriman kereta terakhir tersebut merupakan batch-9 sebanyak 20 kereta yang telah dilakukan pada Kamis (24/9/2020) malam.

"Alhamdulilah, kita melakukan pengiriman batch terakhir atau batch-9 dari proyek 200 kereta jenis MG (meter gauge) ke Bangladesh dan yang ini adalah kelanjutan dari 50 BG (broad gauge) sebelumnya. Ini batch-9, artinya ada delapan batch sebelumnya yang sudah dikirimkan," ujar Suwun dalam keterangannya yang diterima di Madiun, Jatim, Jumat.

Baca juga: INKA pastikan pengiriman kereta tetap berjalan

Ia menjelaskan dari delapan batch yang sudah dikirim, sebanyak tujuh batch sebelumnya sudah dioperasikan Bangladesh Railway.

"Sementara satu batch, yakni batch-8, saat ini masih sedang dalam proses commissioning  di sana," kata Suwun.

Suwun memperkirakan sebanyak 20 kereta tersebut dijadwalkan berangkat dari Dermaga Jamrud Tanjung Perak pada 8 Oktober 2020 dan tiba di Chittagong Port, Bangladesh, pada 17 Oktober 2020.

Ia menambahkan INKA saat ini juga sedang mengejar proyek pengerjaan sebanyak 200 kereta BG dari Bangladesh.

"Saat ini, tim kita, tim pemasaran, juga sedang mengejar proyek berikutnya di Bangladesh yaitu proyek 200 BG. Mudah-mudahan dengan kerja sama kita semuanya, proyek ini bisa diraih, sehingga bisa menjadi pekerjaan berikutnya dari INKA Group," katanya.

Manajemen INKA menyampaikan terima kasih mulai dari tim internal, vendor, dan supplier yang mendukung proyek tersebut.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia melalui kementerian terkait dan khususnya Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangladesh di Dhaka yang sangat mendukung dan membantu kelancaran proyek ini. Mudah-mudahan proyek ini menjadi sesuatu yang bisa kami persembahkan dari INKA, dari Madiun, untuk ekonomi nasional di tengah kondisi ekonomi global yang tidak menguntungkan saat ini," kata Suwun.

INKA merupakan pemenang tender dalam pengadaan 250 kereta penumpang untuk Bangladesh Railway pada 2017 dengan total nilai kontrak sebesar 100,89 juta dolar AS.

Dengan rincian 200 kereta tipe MG dan 50 kereta tipe BG. Sebanyak 50 kereta tipe BG sudah mulai dikirim pada awal 2019.

Pada 2016, INKA juga telah mengekspor 150 unit gerbong dengan nilai kontrak senilai 72,39 juta dolar AS dan 50 unit sebelumnya pada 2006 dengan nilai kontrak sebesar 13,8 juta dolar AS.

Baca juga: INKA ingin tumbuhkan ekosistem industri di Banyuwangi
Baca juga: Menteri Perkeretaapian Bangladesh tinjau pembuatan kereta PT INKA

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020