Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Mukhamad Misbakhun mengajak semua pihak tetap optimistis bahwa Indonesia akan mampu keluar dari situasi sulit, termasuk kemungkinan resesi akibat pandemi COVID-19.

"Saya yakin pemerintahan Presiden Jokowi bisa membawa kita keluar dari situasi sulit seperti saat ini. Pemerintah juga akan terus melaksanakan program-program bantuan sosial sebagai bentuk kehadiran negara ketika rakyat sedang susah karena pandemi," katanya Misbakhun dalam pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Jumat.

Dalam pengamatan Misbakhun, selama ini pemerintah telah berupaya keras dalam membantu masyarakat pada masa pandemi, termasuk bantuan sosial dalam berbagai bentuk itu juga untuk mempertahankan konsumsi dan menjaga daya beli.

Baca juga: Misbakhun mengkritisi kebijakan pemerintah soal krisis akibat pandemi

"Pemerintah terus menjaga daya beli masyarakat. Saya lihat pemerintah juga mampu menjamin ketersediaan bahan pokok dengan harga terjangkau pada masa sulit sekarang ini," tuturnya.

Menurut dia, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah bertindak berani dan jujur dengan memproyeksikan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III tahun ini kembali negatif.

Ia mengatakan bahwa pernyataan Sri Mulyani tentang pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III kembali negatif merupakan sinyal bahwa Indonesia memasuki resesi.

Baca juga: DPR: Indonesia bangsa optimis tidak perlu khawatir ancaman resesi

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) itu menambahkan sebenarnya banyak kalangan sudah memprediksi soal resesi itu.

"Kami di Komisi XI DPR juga sudah memperkirakan sejak awal ketika pandemi COVID-19 berimbas ke masalah ekonomi," ujar anggota DPR asal Pasuruan, Jawa Timur, itu.

Namun, Misbakhun menegaskan bahwa sinyal dari Sri Mulyani soal resesi itu tidak perlu direspons berlebihan, apalagi dengan kepanikan.

Misbakhun meyakini pemerintah akan membuat kebijakan tepat sebagai solusi mendorong pemerintah menggencarkan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi.

Baca juga: Ketua Komisi XI DPR yakin dampak resesi RI tak akan berkepanjangan

"Semoga dengan berbagai upaya dan kebijakan yang tepat dari pemerintah, kita bisa keluar dari kondisi perekonomian yang sulit ini," katanya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020