KAI-Bank Mandiri sinergi tingkatkan layanan digital bagi penumpang

id KAI,bank mandiri,krl

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Bank Mandiri bersinergi menyediakan e-money Commuterpay, sistem pembayaran digital untuk meningkatkan fasilitas layanan kepada pengguna jasa KRL. ANTARA/HO/KAI

Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero berkolaborasi dengan Bank Mandiri untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dengan memperkenalkan program "loyalitas poin" dan integrasi sistem pembayaran digital melalui penerbitan e-money Commuterpay.

“Program loyalitas railpoint bertujuan membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara KAI dan pelanggan,” kata Direktur Niaga KAI Maqin U. Norhadi, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Program "loyalti railpoint" untuk memberikan nilai tambah bagi para pelanggan, khususnya pengguna aplikasi KAI Access yang sudah mencapai 4,5 juta pengguna.

Menurut Maqwin, dalam program loyalti railpoint, setiap transaksi pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial, pelanggan berkesempatan untuk mendapatkan poin.

Setiap pembelian tiket senilai minimal Rp50.000 akan mendapatkan poin sebesar 10 poin dan berlaku kelipatannya yang dapat ditukar dengan tiket KA Komersial atau pun dengan produk merchant berupa souvenir.

Baca juga: Peringati HUT ke-75, KAI Daop 1 beri diskon tiket kereta jarak jauh

Untuk mendapatkan poin, pelanggan diharuskan melakukan update aplikasi KAI Access ke versi 4.3.8 dan terlebih dahulu mendaftar menjadi member melalui situs kai.id atau aplikasi KAI Access.

Pada kesempatan itu, KAI dan Bank Mandiri juga menyediakan e-money Commuterpay, kartu yang dapat digunakan untuk transaksi antarmoda transportasi serta untuk kebutuhan berbelanja.

“Commuterpay ini akan memberikan kemudahan para pengguna KRL sehingga tidak perlu mengantre untuk membeli Tiket Harian Berjaminan di loket,” Maqin.

Menurutya, selain meningkatkan layanan kepada pengguna jasa KRL, pembayaran tanpa uang tunai (cashless) ini juga akan memperkecil risiko penularan COVID-19 pada transportasi KRL karena meminimalisasi adanya kontak langsung dengan petugas.

Bank Mandiri menyediakan kartu Commuterpay yang bisa dibeli mulai 25 September 2020, di mana seribu pembeli pertama akan mendapat potongna harga sebesar 25 persen.

Commuterpay dapat dibeli di Loket Stasiun Bogor, Cikarang, Cilebut, Cikini, Palmerah, Sudirman, Taman Kota, Universitas Indonesia dan Juanda.

Di beberapa stasiun juga disediakan "vending machine" untuk melakukan pembelian dan top up kartu e-money dan kartu Commuterpay, selain juga mesin  pengecekan saldo e-money.

Baca juga: KAI gratiskan tiket Cipeuyeum-Cipatat hingga akhir bulan ini

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan, kerja sama ini merupakan kolaborasi layanan digital di sektor transportasi agar masyarakat semakin mudah dan nyaman dalam memanfaatkan jasa transportasi, terutama kereta api.

“Sinergi KAI dan Bank Mandiri juga berupa penyediaan alternatif pembayaran baru untuk pembelian tiket KA di aplikasi KAI Access menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)," kata Aquarius.

Pembayaran dengan metode QRIS di KAI Access memberikan kemudahan dan kepraktisan, karena QRIS tersebut dapat digunakan di seluruh aplikasi dompet digital yang sudah menerapkan QRIS di aplikasinya.

Baca juga: Bank Mandiri-KAI terbitkan Kartu Commuter Pay, ada edisi HUT RI ke-75

Baca juga: KCI bakal tambah stasiun wajib penggunaan Kartu Multi Trip

Pewarta : Royke Sinaga
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar