Data yang dikirim ke Kemenkop UKM jumlahnya sekitar 380 ribu. Dari total itu, Kementerian telah menyetujui sebanyak 94.300 hingga saat ini.
Makassar (ANTARA) - Sebanyak 94.300 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) Rp 2,4 juta dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Kepala Dinas Koperasi Sulsel Malik Faisal di Makassar, Minggu, mengatakan jumlah penerima bantuan dari Kemenkop UMK masih dapat terus bertambah karena pendaftaran masih terbuka hingga Desember mendatang.

"Data yang dikirim ke Kemenkop UKM jumlahnya sekitar 380 ribu. Dari total itu, Kementerian telah menyetujui sebanyak 94.300 hingga saat ini," katanya.

Baca juga: Realisasi penyaluran Banpres untuk UMKM capai 64 persen

Mengenai berapa UMKM yang akan disetujui sebagai penerima bantuan, ia mengaku hal itu merupakan keputusan Kemenkop UKM dari hasil penelusuran ke daerah.

Pemprov bersama pemerintah kabupaten/kota hanya menyerahkan data UMKM yang telah memenuhi berbagai persyaratan agar datanya bisa dikirim ke Jakarta.

Baca juga: Pemprov Kaltara usulkan 4.938 UMKM dapat Bantuan Langsung Tunai

Pelaku UMK lebih dulu harus memenuhi berbagai persyaratan di antaranya pengusaha mikro tidak sedang menerima kredit modal kerja dan investasi, merupakan WNI, memiliki NIK, bukan ASN, pegawai BUMN, BUMD, PNS dan TNI Polri.

"Bagi pelaku UMKM yang ingin didata, bisa melalui dinas koperasi di daerah masing-masing," ujarnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020