Kemarin, Presiden berbincang dengan dokter hingga festival Aquafest

id Presiden Joko Widodo,Doni Monardo,COVID-19,Humaniora kemarin

Ilustrasi - Presiden Joko Widodo saat meresmikan Pembukaan Muktamar IV Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Tahun 2020 secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat pada Sabtu, (26/9/2020). ANTARA/presidenri.go.id/pri.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita di hari Ahad (28/9) yang menarik untuk disimak mulai dari Presiden Joko Widodo berbincang dengan dokter hingga festival Aquafest yang diselenggarakan secara daring.

Berikut, berita-berita tersebut :

1. Presiden berbincang dengan dokter paru-paru soal penanganan COVID-19

Presiden Joko Widodo berbincang-bincang dengan seorang dokter spesialis paru-paru, dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P, mengenai aktivitas keseharian tenaga medis yang bertugas menangani pasien COVID-19.

"Dokter Faisal lagi di mana? Sepertinya sedang tidak bertugas?" tanya Presiden pada awal pembicaraan melalui panggilan video yang diunggah di saluran YouTube Sekretariat Presiden pada Ahad pagi.

2. Penyintas COVID-19 sembuh setelah 10 kali uji usap

Salah satu penyintas COVID-19, Elzavira Felaza (27) sembuh dari penyakit itu setelah isolasi mandiri selama tiga bulan dan menjalani 10 kali uji usap (swab test).

"Akhirnya dua kali berturut-turut bisa negatif dan tanggal 1 Juli 2020 saya akhirnya terkonfirmasi sudah bisa keluar dari isolasi mandiri," kata Elza dalam seminar virtual Penyintas COVID-19 Bicara yang diadakan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta, Ahad.

3.Kasus COVID-19 di Indonesia capai 275.213

- Jumlah akumulatif kasus COVID-19 di Indonesia bertambah 3.874 menjadi total 275.213 menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada Ahad pukul 12.00 WIB.

Data Satuan Tugas menunjukkan jumlah pasien COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh bertambah 3.611 menjadi 203.014 orang dan jumlah pasien yang meninggal dunia bertambah 78 menjadi total 10.386 orang.

4.Festival perikanan terbesar di Indonesia Aquafest 2020 digelar virtual

Aquafest 2020, yang merupakan kegiatan festival tahunan akuakultur terbesar di Indonesia, diselenggarakan secara virtual oleh Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University.

"Utamanya, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengangkat pamor ikan-ikan hias Indonesia serta memperkenalkan akuakultur kepada masyarakat," kata Ketua Pelaksana Aquafest 2020 Muhammad Ikhsan dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Jakarta, Ahad.

5. Doni Monardo: Manusia sebagai perantara penularan COVID-19

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan penularan virus SARS-CoV-2 penyebab pandemik corona virus disease 2019 (COVID-19) melalui perantara manusia.

"COVID-19 berbahaya. Tetapi manusia yang membawa COVID-19 atau sebagian carrier itu jauh lebih berbahaya," kata Doni dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Ahad.***3***
 

Pewarta : Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar