Samsung Galaxy A71, ponsel tipis jagonya main game online

id samsung,galaxy a71,piala menpora esports 2020,mobile legends,mobile legends bang bang,ponsel gaming

Samsung Galaxy A71 (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (ANTARA) - Samsung awal tahun ini merilis ponsel Galaxy A71, yang disebut mendukung bermain game online.

Ponsel ini memiliki RAM yang besar untuk melaksanakan tugas-tugasnya, yaitu 8GB.

Lewat ponsel ini, Samsung menjadi sponsor pada Piala Presiden awal tahun ini, juga untuk Piala Menpora Esports 2020 yang berlangsung 17 Agustus-13 Oktober.

Berikut ini pengalaman ANTARA memakai Galaxy A71 selama beberapa pekan.
 
Bodi belakang Samsung Galaxy A71 (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


Desain
Secara tampilan luar, ponsel ini terlihat sama seperti gawai Samsung lainnya, kecuali aksen siluet di belakang bodi berwarna abu-abu ini.

Meski pun menjanjikan mesin yang garang, tampilan luar Galaxy A71 jauh dari kesan ponsel yang memiliki spesifikasi cukup untuk pengalaman gaming. Bobotnya ringan, hanya 179 gram, karena menggunakan material polycarbonate.

Bodi yang ringan ini ditunjang dengan dimensi 163,6 x 76 x 7,7 milimeter, terasa nyaman ketika digunakan secara horizontal. Ketika digenggam dengan satu tangan secara vertikal, ponsel ini terasa cukup besar dan panjang.

Samsung menggunakan layar Super AMOLED Plus sebesar 6,7 inci untuk ponsel ini, dengan desain di bagian depan. Desain notch ini memberikan tampilan yang luas, didukung dengan bezel tipis di setiap sisi ponsel.
Layar Infinity-O Display pada Samsung Galaxy A71 (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


Selain besar, ponsel ini juga cukup licin ketika digunakan. Agar lebih nyaman, pengguna disarankan menggunakan soft case agar tidak terlalu licin dan tidak tebal ketika digenggam.

Pada bodi belakang, Samsung hanya menaruh empat kamera di bagian belakang serta satu flash, yang disusun menyerupai huruf "L". Tidak ada sensor pemindai sidik jari fisik karena tersemat di dalam layar.

Samsung masih mempertahankan jack audio 3,5 milimeter, letaknya di bagian bawah ponsel bersama pengeras suara dan port USB Type-C untuk mengisi daya.
Port pengisi daya, audio dan pengeras suara Samsung Galaxy A71 (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


Baca juga: Segmen ponsel menengah atas padat, ini komparasinya

Baca juga: Samsung Galaxy A51 dan A71 ponsel resmi Piala Kemenpora Esports

Baca juga: Samsung ubah strategi pemasaran, rambah "gaming" tahun ini

 

Performa
Jagoan utama Samsung untuk ponsel ini memang terletak pada mesin, selain RAM 8GB, Galaxy A71 memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 128GB.

Untuk perangkat yang beredar di Indonesia, Samsung menggunakan chip octa-core dari Qualcomm, Snapdragon 730. Platform mobile ini memiliki delapan inti yang didukung CPY Kryo 470 dan GPU Adreno 618.

Saat digunakan bermain game "Mobile Legends: Bang Bang", game yang dilombakan pada Piala Menpora Esports 2020, selama dua jam, ANTARA hanya perlu menghabiskan daya 29 persen, dari 95 persen menjadi 66 persen.

Ponsel tidak terasa panas ketika digunakan bermain "Mobile Legends", pun tidak ada "lag" atau sensitivitas layar menurun.
Samsung Galaxy A71 (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Sementara ketika digunakan untuk bermain game "Call of Duty", daya baterai berkurang 19 persen, dari 65 persen menjadi 46 persen selama 1,5 jam. Saat digunakan bermain game ini, ponsel terasa hangat setelah digunakan sekitar satu jam.

Samsung menggunakan refresh rate sebesar 60Hz untuk perangkat ini.

Sementara pada baterai, Samsung memberikan daya yang cukup besar untuk Galaxy A71, yaitu 4.500mAh yang mendukung pengisian daya cepat 25W Super fast charging.

Samsung menggunakan konektor Type C di kedua ujung kabel, untuk mendukung pengisian daya cepat. Pengguna sebaiknya menggunakan powerbank yang juga menggunakan port Type C ketika berada di luar ruangan, atau menggunakan sambungan tambahan jika memiliki powerbank model lama.

Untuk pengisian daya dari 0 hingga 100 persen, ANTARA memerlukan waktu sekitar 1,5 jam dalam kondisi ponsel mati. Dalam 60 menit, ponsel sudah terisi sebanyak 83 persen.
 
Kamera belakang Samsung Galaxy A71 (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


Kamera
Samsung menyematkan empat kamera di belakang, masing-masing berupa kamera utama 64MP, lensa berkedalaman 5MP, makro 5MP dan ultra-wide 12MP.

Pengalaman memotret dengan Galaxy A71 berbanding terbalik dengan bermain game, letak kamera sedikit kurang nyaman ketika ponsel digunakan secara horizontal. Bodi yang agak licin meminta penggunanya memegang ponsel lebih erat, namun, jika tangan besar, ada kemungkinan jari akan berada terlalu dekat dengan kamera dan menutupi pinggirannya.

Meski pun begitu, hasil jepretan dengan kamera belakang Galaxy A71 memuaskan, pengalaman berfoto dengan lensa utama 64MP, hasil gambar yang dihasilkan tetap tajam ketika diperbesar.
 
Hasil foto dengan kamera belakang Samsung Galaxy A71 resolusi 64MB. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


Lensa ultra-wide 12MP memudahkan pengguna untuk mengambil bidang yang lebih luas tanpa harus berganti posisi, seperti pada gambar berikut ini. Untuk menggunakan lensa ultra-wide, gunakan mode Photo dan ketuk ikon tiga pohon di atas shutter.
 
Perbandingan foto dengan lensa ultra-wide Samsung Galaxy A71 resolusi 12MP. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


Lensa berkedalaman 5MP akan memberikan efek kabur pada latar belakang foto ketika berfoto dengan mode Live Focus. Pengguna disarankan memotret dari jarak 1 hingga 1,5 meter atau perhatikan notifikasi di bagian atas layar hingga mengatakan "Siap" atau "Ready".
 
Hasil foto mode Live Focus dengan kamera belakang Samsung Galaxy A71. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Sementara untuk fotografi dengan lensa makro, pengguna akan diminta untuk memotret dari jarak 3 hingga 5 senti meter.
Hasil foto dengan lensa makro Samsung Galaxy A71. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Kesimpulan
Samsung menawarkan pengalaman bermain game yang memuaskan dengan Galaxy A71, dengan harga terbaru Rp7.198.000.

Ponsel ini menjadi jawaban bagi pengguna yang tidak memiliki dana yang terlalu besar untuk menjangkau ponsel gaming, atau bagi mereka yang menginginkan ponsel yang bisa memainkan game berat, namun, dikemas dalam ponsel tampilan biasa.

Baca juga: Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A71 tawarkan tiga poin utama

Baca juga: ASUS Indonesia fokus garap ponsel gaming premium

Baca juga: Fitur "game mode" ponsel bukan cuma untuk game


 

Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar