BPJS Kesehatan Sorong sediakan layanan daring JKN-KIS

id BPJS Kesehatan

Petugas BPJS Kesehatan Sorong menunjukkan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA). (BPJS Kesehatan)

Jakarta (ANTARA) - BPJS Kesehatan Sorong, Papua Barat, menyediakan layanan daring PANDAWA sebagai layanan nontatap muka guna mempermudah peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mengakses fitur kepesertaan dari rumah.

"Masyarakat Sorong dapat memanfaatkan layanan PANDAWA dengan menghubungi nomor WA di 081247751731," kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sorong Ambar Permana dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

PANDAWA merupakan kependekan dari Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp.

Ambar mengatakan masyarakat dapat menggunakan PANDAWA dengan mengirimkan teks seperti biasa ke nomor tersebut dan menunggu respon petugas.

Ia berharap PANDAWA dapat menekan kunjungan peserta JKN-KIS yang dapat membludak di kantor pelayanan semasa pandemi COVID-19.

Ambar mengatakan layanan PANDAWA tersebut diperuntukkan untuk administrasi seperti daftar baru, tambah anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu.

"Harapannya, PANDAWA ini dapat menjadi layanan alternatif yang memudahkan masyarakat di masa pandemi COVID-19 saat ini. Masyarakat dapat mengakses layanan tersebut mulai pada pukul 08.00-15.00 WIB setiap hari kerja, kami optimalkan agar pelayanan PANDAWA ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," kata dia.

Salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), Salma (45), mengatakan terbantu dengan fasilitas PANDAWA karena dapat mengakses layanan JKN-KIS tanpa perlu keluar rumah.

"Informasi tentang layanan PANDAWA ini sudah cukup meluas ke lingkungan saya, dan kemarin sudah saya coba. Saya melakukan pengajuan perubahan FKTP, dan alhamdulillah diproses dengan cepat dan tanggap oleh petugasnya. Layanan ini sangat membantu," katanya.
 

Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar