Pasar Jaya bangun penampungan bagi pedagang Cempaka Putih minggu depan

id Pasar Cempaka Putih, Perumda Pasar Jaya, Pasar Jaya , kebakaran pasar

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi meninjau pedagang yang terdampak kebakaran Pasar Cempaka Putih, Selasa (30/9/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Perumda Pasar Jaya akan membangun tempat penampungan sementara bagi 641 pedagang di Pasar Cempaka Putih yang tempat usahanya terbakar pada Kamis (24/9) mulai Minggu depan.

"Pelayanan terhadap pedagang kita utamakan dulu, terpenting para pedagang  yang terdampak kebakaran dapat beraktivitas  dulu. Untuk penampungan minggu ini kita sudah siapkan denahnya," kata Kepala Pasar Cempaka Putih Eko Purwanto saat ditemui usai sidak dari Pemkot Jakarta Pusat, Selasa.

Baca juga: Wakil Wali Kota Jakpus minta percepat pembangunan Pasar Cempaka Putih

Eko mengatakan mulai Rabu (1/10) pihaknya akan mulai membersihkan kawasan yang terdampak kebakaran namun masih bisa digunakan sebagai lahan tempat penampungan sementara bagi para pedagang pasar.

"Pembersihan di lokasi yang terbakar besok akan dilakukan oleh tim dari dinas LH karena untuk sementara police line-nya belum dibuka. Jadi kita bersihkan di lokasi yang memungkinkan untuk pedagang beraktivitas," ujar Eko.

Saat ini para pedagang yang terdampak kebakaran di Pasar Cempaka Putih menempati trotoar dan saluran air di bagian luar pasar karena tidak adanya tempat penampungan resmi yang disediakan oleh Perumda Pasar Jaya.

Baca juga: Gulkarmat DKI rencanakan pelatihan proteksi kebakaran pedagang pasar

Para pedagang itu mendirikan lapak sementara dengan biaya sendiri baik dari tenda-tenda atau pun triplek yang dibangun menjadi kios.

Sementara itu untuk pembangunan kembali bangunan pasar secara permanen, Perumda Pasar Jaya saat ini masih merancang desain dan mengurus administrasi untuk pasar yang telah ada lebih dari 20 tahun itu.

"Perkembangan dari Pasar Jaya Pusat saat masih proses administrasi," ujar Eko mengatakan proses pembangunan bangunan permanen Pasar Cempaka Putih.

Baca juga: Tak ditemukan APAR di Pasar Cempaka Putih yang terbakar

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi minta kepada Perumda Pasar Jaya untuk mempercepat pembangunan Pasar Cempaka Putih.

"Kita tadi tinjau untuk melihat pedagang sudah ditampung atau belum. Alhamdulillah semua sudah berjualan lagi, sudah kondusif. Antara pedagang dan warga pemilik rumah sudah ada kesepakatan sementara memperbolehkan pedagang jualan di depan rumahnya. Kita tinjau juga untuk percepatan pembangunan gedung pasar yang baru," kata Irwandi saat ditemui usai selesai meninjau Pasar Cempaka Putih, Selasa.


Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar