HUT DPD, Ketua MPR harap DPD semakin berperan untuk kepentingan daerah

id HUT DPD,Bamsoet,Bambang Soesatyo,Ketua MPR

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan harapannya untuk DPD RI pada acara Obrolan Senator (Obras) dalam rangka memperingati HUT Ke-16 DPD RI di Senayan, Jakarta, Kamis (1-10-2020). ANTARA/Youtube Kabar Senator

Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Bambang Soesatyo berharap Dewan Perwakilan Daerah RI makin berperan dalam mewakili kepentingan daerah pada Hari Ulang Tahun Ke-16 DPD RI.

"Harapan saya tentu saja, DPD harus memberi peran untuk kepentingan daerah," kata politikus Partai Golkar yang akrab disapa Bamsoet itu di Senayan, Jakarta, Kamis.

Bamsoet pun berharap DPD RI mampu memberi solusi pemecahan masalah yang ada di daerah-daerah.

"Dengan demikian, ke depan tak lagi mendengar banyak masalah daerah yang timbul dari daerah namun tidak terpecahkan," kata Bamsoet.

Baca juga: Peneliti LIPI apresiasi sambutan Ketua MPR di webinar HUT DPD RI

Baca juga: Ketua MPR ingin DPD perhatikan pengelolaan SDA daerah 3T


Ia menilai DPD RI perlu berperan penting dalam berbagai situasi genting yang terjadi saat ini di daerah.

Misalnya, di Papua, ada rencana pemerintah untuk melakukan pemekaran wilayah dengan tujuan memakmurkan masyarakat Papua lebih dari sekarang.

"DPD harus mengambil peran di sana karena bagi kita semua sudah sepakat bahwa Indonesia tanpa Papua bukanlah Indonesia," kata Bamsoet.

Menurut Bamsoet, DPD RI mampu berperan di dalam mengeskalasi upaya-upaya pemerintah melakukan pemerataan ekonomi dan membangun infrastruktur di daerah.

"Dalam rangka mengeskalasi roda ekonomi di daerah, kemudian juga ada beberapa rencana pemerintah seperti di Papua, akan ada pemekaran. Itu juga DPD harus mengambil peran di sana," kata Bamsoet.

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar