Arema FC petik hikmah dari penundaan Liga 1

id Arema FC, penundaan Liga 1, hikmah arema, pemain baru

Media Ofiser Arema FC, Sudarmaji (Endang Sukarelawati)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Penundaan Liga 1 karena tak mendapatkan izin kepolisian membawa hikmah bagi Arema FC karena Singo Edan menjadi memiliki cukup waktu untuk beradaptasi setelah kedatangan pelatih baru Carlos Oliviera yang menggantikan Mario Gomes dan juga pemain asingnya, kata Media Officer Arema FC Sudarmaji di Malang, Kamis.

"Kami berharap kami masih memiliki cukup waktu untuk beradaptasi dan menyiapkan tim dengan lebih baik sebelum kompetisi bergulir," kata Sudarmaji.

Tetapi Sudarmaji menilai penundaan itu membuat manajemen prihatin karena upaya mengampanyekan protokol kesehatan dan hidup sehat, termasuk menggerakkan potensi ekonomi lewat sepak bola, menjadi terhambat.

Dia mengatakan banyak pihak tergantung dari bergulirnya sepak bola, tidak hanya pengelola, tapi juga keluarga pemain, pelatih, ofisial dan karyawan klub.

Baca juga: Robert Alberts putar otak jaga kondisi mental pemain Persib

Menurut dia, semua menyadari COVID-19 mengancam kehidupan, namun patuh dan disiplin seharusnya menjadi jalan tengah yang bisa dijalankan.

Untuk itu Arema menyambut baik arahan Satgas Nasional Penanganan COVID-19 yang memberikan izin menggelar lagi Liga 1 dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Kami sangat berharap ada pola komunikasi yang dibangun, yakni memberi ruang saran dan masukan kepada kepolisian dan stake holder sepak bola kita terkait jalan tengah dan solusi agar kepentingan banyak pihak bisa berjalan," kata Sudarmaji.

Sudarmaji menilai kerugian paling besar dari penundaan itu adalah bagaimana mimpi publik melihat sepak bola menjadi hiburan di tengah melawan COVID-19 pupus seketika.

Baca juga: Borneo FC tetap gelar latihan untuk jaga mental pemain

"Publik harus kembali diyakinkan agar sepak bola kita mampu berproses untuk bisa berprestasi kembali lewat kompetisi," kata dia.

Sudarmaji mengaku akan berdiskusi dengan tim pelatih dan pemain mengenai program selanjutnya, termasuk menunggu arahan PSSI dan LIB.

Arema FC semula dijadwalkan menjamu Persija Jakarta di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Sabtu 3 Oktober 2020.

Menjelang laga ini, Singo Edan kedatangan pemain asing anyar dari Brasil, Caio Ruan Lino Freitas, yang mengisi posisi Matias Malvino.

Baca juga: Pelatih Persita tunggu arahan manajemen soal kelanjutan program tim

Pewarta : Endang Sukarelawati
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar