Bagikan modal kerja, Presiden: Semangat usaha jangan sampai kendur

id Jokowi,bantuan modal kerja,COVID-19

Presiden Joko Widodo saat meninjau penataan kawasan wisata di NTT, Kamis (1/10/2020). ANTARA/HO-Biro Pers Sepres/Muchlis Jr/am.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan modal kerja, dan menyemangati para pelaku usaha mikro dan kecil di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, agar mereka dapat bekerja lebih keras dan meminimalisir dampak dari pandemi COVID-19.

Sambil mengenakan pelindung wajah (face shield) di Labuan Bajo, Kamis, Presiden Jokowi meminta agar semangat para pelaku usaha mikro dan kecil jangan sampai kendur.

“Setiap saya datang ke kota, saya mengumpulkan usaha-usaha kecil, usaha mikro, seperti sekarang ini. Keadaannya sama, tapi kita tidak boleh mengeluh, kita tidak boleh menyerah, kita harus tetap semangat jangan sampai semangat kerja kita jadi kendur,” ujar Presiden.

Presiden kembali membagikan bantuan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta kepada masing-masing pelaku usaha mikro dan kecil dalam kesempatan itu.

Presiden memahami jika pandemi COVID-19 membuat keadaan semakin sulit. Tidak hanya sektor usaha mikro dan kecil, namun juga sektor usaha menengah dan besar juga menghadapi tekanan.

“Semua negara, 215 negara sekarang ini terkena pandemi COVID-19, pandemi virus Corona, sehingga semuanya betul di posisi yang tidak mudah dan pada posisi sulit,” ujarnya.

Presiden Jokowi berharap para pelaku usaha bisa menjadikan pandemi COVID-19 sebagai momentum untuk bekerja lebih giat.

Dia menginginkan tidak ada usaha yang tutup akibat pandemi COVID-19. Bantuan modal kerja sebesar Rp2,4 juta diharapkan dapat digunakan pada pelaku usaha untuk menambah kapasitas permodalan dan ekspansi bisnis.

“Jangan sampai dipakai untuk beli hand phone, Awas hati-hati, ini judulnya bantuan modal kerja, untuk modal kerja, bukan untuk hal-hal yang konsumtif beli hand phone atau hal atau menyicil sepeda motor,” ujar Presiden.

Kepala Negara menuturkan kemungkinan pada awal 2021, pemerintah sudah melakukan vaksinasi kepada sasaran penerima vaksin.

“Selamat bekerja keras, semoga nanti di awal tahun depan depan, kita sudah mulai vaksinasi hingga keadaan mulai pulih kembali normal," ujar Kepala Negara.

Baca juga: Presiden Jokowi dialog dengan usaha kecil yang bangkrut akibat pandemi
Baca juga: Presiden Jokowi berikan bantuan modal kerja kepada 60 pengusaha kecil


Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar