Komisi X DPR kagumi fasilitas Stadion Manahan Solo

id DPR RI kagumi fasilitas ,PIala Dunia U20,Stadion Manahan Solo

Wali Kota Surakarta F.X hadi Rudyatmo (paling kanan) saat memberikan kejelasan kepada robongan anggota Komisi X DPRI saat kunker di Stadion Manahan Solo Jateng, Kamis (01/10/2020). (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Solo (ANTARA) - Rombongan anggota Komisi X DPR RI yang melakukan kunjungan kerja ke Kota Surakarta kagum melihat fasilitas olahraga di Stadion Manahan Solo, Kamis.

Rombongan Komisi X yang dipimpin oleh Abdul Fikri Faqih (wakil ketua Komisi X) didampingi oleh Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mengunjungi venue Stadion Manahan Solo yang berstandar internasional yang menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 tahun depan.

Komisi kagum setelah melihat kondisi lapangan stadion ini yang menggunakan rumput lokal, tetapi berstandar FIFA.

Abdul Fikri Faqih mengungkapkan, kedatangan mereka ke Solo selain melihat langsung fasilitas orahraga salah satunya Stadion Manahan Solo, juga mendengar pendapat dalam penyusunan Rancangan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional (RUU SKN).

Baca juga: Kawasan Stadion Manahan mulai ditata untuk persiapan Piala Dunia U-20

Dia menilai Stadion Manahan sudah melewati perubahan yang pesat dibandingkan sebelum direnovasi.

"Kami melihat stadion di Kota Solo ini secara umum sangat siap menggelar event skala internasional seperti Piala Dunia U-20. Kami melihat sarana dan prasarana sangat memadai, rumput stadion juga sangat bagus meski dengan memakai rumput lokal Indonesia saja," kata Abdul Fikri.

Dia mengaku sudah mendengar keterangan Expert Consultant Stadion Manahan Solo, Doktor Rahayu bahwa kualitas rumput stadion yang menggunakan rumah lokal dari Pantura Jawa ini tidak kalah dengan di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta.

Stadion Manahan Solo menggunakan rumput jenis "Zoysia Japonica", dan dirawat intensif setiap hari serta siap menjadi tempat pertandingan Piala Dunia U-20.

Abdul Fikri mengatakan meskipun masih masa pandemi COVID-19, program penyiapan Piala Dunia U-20 harus tetap jalan sesuai dengan kemajuan yang dirancang.

Baca juga: Pemkot Surakarta siapkan lapangan pendukung Piala Dunia U-20

"Kami juga melihat langsung cara perawatan rumput stadion dan fasilitas pendukung lainnya, seperti perawatan dan tempat duduk di tribune penonton yang memiliki kapasitas 20.003 penonton itu," kata dia.

Dia berharap RUU sistem keolahragaan tetap jalan dan persiapan Piala Dunia U-20 juga tetap jalan karena ini event internasional dan Indonesia menjadi tuan rumah.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menyambut baik Komisi X DPR RI ini.

Menurut Rudyatmo, Kota Solo memang sedang berbenah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, termasuk menyiapkan lima lapangan pendukung untuk latihan para pemain peserta turnamen FIFA itu.

Baca juga: Pemkot Surakarta renovasi bertahap lapangan pendukung Piala Dunia

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar