Gara-gara diskon 78 persen
Jakarta (ANTARA) - Lalu Lintas kendaraan di Jalan Bina Marga, Cipayung, Jakarta Timur, mengalami kemacetan imbas dari promosi MC Donald pada jam pulang kantor, Jumat sore.

"Penyebabnya promosi Mc Donald," kata Kasi Operasional Sudin Perhubungan Jakarta Timur Riky Erwinda di Jakarta.

Baca juga: Motor terbakar sebabkan kemacetan di Jalan DI Panjaitan

Kemacetan lalu lintas di lokasi itu dilaporkan sepanjang 2,2 kilometer mulai dari Pos Polisi Gempol hingga Simpang Jalan Cipayung Raya.

Riky mengatakan telah menempatkan sejumlah anggota di lapangan untuk mengurai simpul kemacetan.

"Yang penting anggota tetap atur lalin untuk menghindari kendaraan ngunci di simpangnya," katanya.

Kemacetan itu dilaporkan terjadi sejak pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Sudinhub Jakbar survei pengendara motor untuk cari penyebab kemacetan

"Sampai saat ini petugas masih mengatur lalin, khususnya di sekitar parkiran Mc Donald dari arah masuk dan keluarnya," katanya.

Simpul kemacetan, kata Riky, sebab pengelola restoran memberikan promosi harga melalui layanan tanpa turun mobil atau drive thru.

"Sehingga pengantre ke Mc Donald drive thru yang jadi macet, karena lagi diskon besar-besaran menggunakan pembayaran lewat debit karena Bank Mandiri sedang ulang tahun," katanya.

Baca juga: Kerugian akibat kemacetan Jakarta mencapai Rp65 triliun

Meski Jalan Bina Marga berkategori sebagai jalan lingkungan yang tidak terlalu lebar badan jalannya, kata Riky, namun volume lalu lintas di lokasi itu dilalui banyak kendaraan yang mengarah ke Jalan Cipayung Raya.

Informasi terkait kemacetan di Jalan Bina Marga juga tersebar di media sosial, salah satunya akun @kabarciracas yang menyisipkan informasi "Kemacetan panjang di Jalan Bina Marga arah Terowongan Cipayung,".

"Gara-garanya Mc D drive thru diskon 78 persen," ujar @febryyrachmaa.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020