Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan baru mulai mengguyur tiga wilayah DKI Jakarta pada Sabtu siang.

Kendati, hujan dengan intensitas sangat ringan mulai mengguyur wilayah DKI Jakarta bagian Barat, khususnya di wilayah Meruya, Kembangan, dan sekitarnya pada Sabtu (3/10) pukul 05.00 WIB pagi.

Dikutip dari laman resmi BMKG, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu, pada Sabtu pagi dapat merasakan cuaca cerah. Sedangkan, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur dikatakan cerah berawan.

Memasuki siang hari, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Sedangkan Jakarta Pusat dan Jakarta Barat cuaca mulai mendung.

Baca juga: Sudin Kehutanan pangkas 4.868 pohon sebagai antisipasi musim hujan


Hujan ​​ringan diprakirakan baru akan terjadi di seluruh wilayah Ibu Kota dan Kepulauan Seribu saat malam hari sekitar pukul 19.00 WIB.

"Waspada hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hingga malam hari," bunyi peringatan dini dari BMKG.

Hujan baru diprakirakan mereda ketika masuk Minggu dinihari, dimana Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu akan cerah berawan.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan guyur DKI Jakarta pada Jumat siang

Sedangkan cuaca berawan diprakirakan masih terjadi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Untuk suhu udara diperkirakan berkisar antara 24 hingga 33 derajat Celcius. Jakarta Barat (25-32 derajat), Jakarta Pusat (25-32 derajat), Jakarta Selatan (24-33 derajat), Jakarta Timur (24-33 derajat), Jakarta Utara (25-32 derajat) dan Kepulauan Seribu (27-30 derajat).

Kelembaban udara berkisar 65-90 persen di Jakarta Barat, 70-90 persen di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, 65-90 persen di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, 80-90 di Kepulauan Seribu.

BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem. Kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat di masa pancaroba.

BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020. Diprediksi bahwa sebagian besar wilayah Indonesia memasuki periode awal musim hujan mulai akhir Oktober-November 2020.

Selama September-Oktober, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia.

Baca juga: MRT Jakarta cegah banjir dengan perbesar saluran hingga dirikan tembok

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020