Petenis muda Polandia singkirkan Halep dari French Open

id french open,simona halep,tenis

Petenis Rumania Simona Halep di pertandingan babak keempat melawan Iga Swiatek asal Polandia di French Open, Roland Garros, Paris, Prancis (4/10/2020) Reuters/Christian Hartmann

Jakarta (ANTARA) - Unggulan pertama asal Rumania Simona Halep tersingkir dari French Open pada Minggu setelah tumbang 1-6, 2-6 di tangan petenis muda Polandia Iga Swiatek di babak keempat.

Halep tiba di babak keempat turnamen bermodalkan 17 kemenangan secara beruntun dan pernah mengalahkan Swiatek di lapangan yang sama tahun lalu 6-1, 6-0 dalam waktu 45 menit.

"Saya tidak mengira semua ini. Itu adalah pertandingan pertama saya di stadion besar," kata Swiatek di sesi wawancara di pinggir lapangan pasca pertandingan.

"Saya cukup tertekan," kata Swiatek setelah mengusap air matanya.

"Sejak itu saya membuat progres yang sangat besar dan saya telah memainkan beberapa pertandingan besar... itu sangat membantu saya. Dan sekarang saya rasa saya bisa mengatasi tekanan ini," kata petenis yang meraih tiket perempat-final Grand Slam pertamanya itu.

Baca juga: Halep libas Anisimova untuk tapaki 16 besar Roland Garros
Baca juga: Di French Open, Halep perpanjang catatan kemenangan 8-0 atas Begu


Swiatek yang baru berusia 19 tahun dan menduduki peringkat 54 dunia itu membalas kekalahannya di lapangan Philippe Chartier yang atapnya tertutup dalam waktu 68 menit untuk menyingkirkan juara French Open 2018 itu, yang menduduki peringkat dua dunia.

Halep, 29, tiba di Paris setelah memenangi turnamen lapangan tanah liat di Praha dan Roma. Petenis nomor satu Australia itu menjadi salah satu favorit untuk merebut gelar Grand Slam ketiganya.

Namun ia tak berdaya ketika melihat Swiatek bermain agresif dan melancarkan sejumlah pukulan winner ke lapangan tanah liat merah itu, yang sering membuat Halep terpaku di lapangan.

Swiatek mencatatkan 30 kali pukulan winner dibanding 12 yang dilancarkan Halep, sedangkan petenis Polandia itu tidak pernah mendapati satupun breakpoint ketika ia servis gim.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi sebenarnya, saya merasa bermain dengan sempurna. Saya sangat fokus dengan keseluruhan pertandingan itu, bahkan saya terkejut saya bisa melakukannya," kata Swiatek seperti dikutip Reuters.

Di babak selanjutnya, mantan juara junior Wimbledon itu akan bertemu dengan Martina Trevisan dari Italia, yang mengalahkan unggulan kelima Kiki Bertens asal Belanda 6-4, 6-4.

Baca juga: Djokovic lewati Galan untuk lolos ke 16 besar
Baca juga: Bedene cedera permudah usaha Tsitsipas ke babak 16 besar

Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar