... ke depan kita semua semakin bersinergi karena semua satgas yang sedang melaksanakan penugasan di Papua akan di bawah kendali Kogabwilhan III...
Timika (ANTARA) - Jajaran Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI kini terus mempercepat pembangunan gedung utama markas komando dan sarana-prasarana fisik penunjang lain di Timika, Papua.

Asisten Operasi Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI, Brigadir Jenderal TNI Suswatyo, di Timika, Selasa, mengatakan, pembangunan Markas Komando Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI dilakukan mulai tahun ini.

Beberapa target pekerjaan yang akan diselesaikan hingga akhir tahun nanti yaitu pengerasan jalan masuk, perumahan panglima dan kepala staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI dan beberapa struktur gedung utama Markas Komando Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI.

"Semua masih berjalan. Direncanakan pembangunan semua fasilitas itu selama kurun waktu dua tahun ke depan bisa rampung," kata Suswatyo.

Baca juga: Jajaran Kogabwilhan III ajak warga bersatu majukan Papua

Setelah markas komando di Timika itu selesai dibangun, diharapkan semua kekuatan TNI dari tiga matra, didukung institusi lain di wilayah itu, akan jauh lebih mantap.

Saat ini, katanya, ada banyak satuan tugas yang tergelar di Papua, baik itu Satgas Nemangkawi yang bertugas mengatasi kelompok separatis bersenjata, Satgas Pengamanan Perbatasan, Satgas BIN, dan lain-lain.

"Tentu ke depan kita semua semakin bersinergi karena semua satgas yang sedang melaksanakan penugasan di Papua akan di bawah kendali Kogabwilhan III," kata Suswatyo.

Di sisi lain, katanya, diharapkan berbagai macam gangguan keamanan yang selama ini kerap kali terjadi di berbagai wilayah Papua, terutama yang dipicu kelompok separatis bersenjata bisa semakin diminimalisasi.

Baca juga: Jajaran Kogabwilhan III tabur bunga di Pelabuhan Pomako

"Memang perlu waktu dan metode untuk bisa meminimalisasi berbagai potensi gangguan keamanan itu sehingga jangan sampai jatuh banyak korban, apakah itu dari masyarakat maupun petugas itu sendiri," ujarnya.

Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI dibangun di Timika, ibu kota Kabupaten Mimika, tepatnya di jalan poros Timika-SP5, Distrik Iwaka, pada lahan seluas 78 Hektare. Lahan itu diserahkan warga suku Kamoro Mimika langsung kepada Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, pada Rabu (19/2) lalu.

Selama ini Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI bermarkas di Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur. 

Baca juga: Kogabwilhan III pastikan yang ditembak di Nduga anggota KKB

Tokoh suku Kamoro, Philipus Munaweyau, saat penyerahan lahan itu berharap keberadaan Markas Komando Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI di Timika nanti memberikan dampak positif bagi warga asli Papua, khususnya Mimika.

"Kami seluruh masyarakat Mimika dengan sepenuh hati menyerahkan tanah ini kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Munaweyau saat itu.

Tjahjanto mengatakan pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNImerupakan bagian pengembangan organisasi, dimana Provinsi Papua merupakan salah satu wilayah yang menjadi tanggung jawab Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI.

Panglima TNI itu berterima kasih kepada masyarakat suku Kamoro sebagai wujud rasa memiliki rakyat Mimika kepada TNI serta terjalinnya kemanunggalan TNI dan rakyat.

"Kami harapkan nantinya selain sebagai Mako untuk pertahanan dan keamanan negara, juga akan menyejahterakan masyarakat Mimika untuk menjadi anggota TNI-Polri," ujar Tjahjanto. 

Baca juga: Panglima TNI terima hibah lahan untuk bangun Markas Kogabwilhan III

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020