Kita punya mangrove yang rusak lebih kurang hampir 1 juta hektare
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan mencanangkan program penanaman kembali (replanting) 600 ribu hektare lahan mangrove dalam tiga tahun ke depan.

"Kita punya mangrove yang rusak lebih kurang hampir 1 juta hektare. Target kita dalam tiga tahun ke depan kita akan coba lebih dari 600 ribu hektare kita akan lakukan program ini," katanya dalam peluncuran Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya melalui Restorasi Terumbu Karang secara virtual di Jakarta, Rabu.

Menurut Luhut, penanaman kembali lahan mangrove akan memberikan dampak luas terhadap perdagangan emisi karbon antarnegara atau dikenal sebagai carbon credit.

Indonesia sendiri, lanjut Luhut, merupakan negara yang menghasilkan banyak emisi karbon. Potensi tersebut dinilai perlu didorong lagi di masa mendatang.

Pemerintah Indonesia mulai membidik potensi perdagangan emisi karbon antarnegara atau dikenal sebagai carbon credit karena memiliki 75-80 persen carbon credit dunia dari hutan, mangrove, gambut, rumput laut hingga terumbu karang.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tengah menyusun format agar Indonesia bisa "menjual" potensi tersebut dan menambah pemasukan negara.

Pasar atau perdagangan karbon merupakan istilah untuk aktivitas penyaluran dana dari negara penghasil emisi karbon kepada negara dengan potensi sumber daya alam yang mampu menyerap emisi karbon secara alami.

Dengan mekanisme tersebut, perusahaan atau pabrik yang mengeluarkan emisi yang akan membeli carbon credit.

Sebagai contoh, pabrik yang mengeluarkan CO2 dapat membeli carbon credit dari petani yang menanam pohon.

Baca juga: Pemenang Scroll of Honour Award kagumi keindahan mangrove Surabaya
Baca juga: 18 persen dari 3 juta ha hutan bakau di Indonesia rusak, sebut KLHK

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020