Jakarta (ANTARA) - Pembahasan tentang Undang Undang Cipta Kerja hingga impor garam menghiasi pemberitaan sektor ekonomi selama sepekan. Simak berita lainnya yang juga menarik untuk dibaca.

Presiden Jokowi : Kehidupan pekerja akan membaik dengan UU Cipta Kerja

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini Undang-Undang Cipta Kerja yang baru saja disahkan di sidang paripurna DPR, akan memperbaiki kehidupan para pekerja dan juga keluarganya.

Presiden Jokowi dalam konferensi pers secara daring dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jumat, mengatakan dirinya telah memimpin rapat terbatas secara virtual pada hari ini bersama jajaran pemerintah, dan gubernur mengenai UU tersebut.

 

Bahlil sebut 153 perusahaan akan masuk RI setelah Omnibus Law disahkan

Kepala Badan Koordonasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan sekitar 153 perusahaan akan masuk dan berinvestasi di Indonesia setelah UU Omnibus Law Cipta Kerja disahkan.

Ia mengatakan ke 153 perusahaan itu berasal dari dalam dan luar negeri, termasuk pula perusahaan-perusahaan yang merelokasi investasinya dari sejumlah negara.

"153 perusahaan itu ada relokasi dari beberapa negara, seperti Korea, Taiwan, Jepang, Amerika, kemudian China. Ada beberapa dari Eropa dan negara lainnya, termasuk juga pengusaha dari dalam negeri," katanya dalam konferensi pers daring di Jakarta, Kamis

 

Menperin: Impor garam 108 juta dolar hasilkan ekspor 37 miliar dolar

Nilai ekspor industri garam mencapai 37,7 miliar dolar AS, yang berasal dari pengolahan bahan baku garam impor senilai 108 juta dolar AS pada 2019, menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Maka dari itu, kata Agus di Jakarta, Senin, impor bahan baku garam untuk industri memiliki nilai tambah yang signifikan bagi perputaran kegiatan ekonomi.

"Impor garam ini memiliki nilai tambah yang luar biasa bagi industri itu sendiri karena dengan mengimpor 108 juta dolar, AS industri sendiri pengguna garam ini telah berhasil catat nilai ekspor produk mereka 37,7 miliar dolar AS. Jadi bisa kita bayangkan betapa nilai tambah yang diberikan oleh hilirisasi dari penyerapan garam," ujar Agus usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

 

Investor global yang kritik Omnibus Law tidak investasi di Indonesia

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan sebanyak 35 investor global yang mengkritik pengesahan Omnibus Law atau atau RUU Cipta Kerja tercatat tidak investasi di Indonesia.

Bahlil dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis, mengakui RUU Cipta Kerja memang menuai pro dan kontra, terlebih dari kalangan di luar negeri.

 

Kemenkop UKM berharap banpres usaha mikro bisa dilanjutkan pada 2021

Kementerian Koperasi dan UKM atau Kemenkop UKM berharap program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk usaha mikro dapat dilanjutkan pada tahun 2021.

"Programnya direncanakan akan dilanjutkan pada tahun depan," ujar Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM Eddy Satriya dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020