Kami akan melalui ini
Paris (ANTARA) - Prancis akan memberlakukan jam malam malam pada hampir sepertiga dari 67 juta orang di negara itu untuk mengatasi virus corona yang muncul kembali.

Meskipun demikian, penguncian nasional baru tidak direncanakan, kata Presiden Emmanuel Macron pada hari Rabu.

Macron mengumumkan jam malam, yang akan berlaku mulai Sabtu dan berjalan setiap malam mulai jam 9 malam sampai jam 6 pagi keesokan harinya, tak lama setelah pemerintah mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang baru.

Pembatasan akan berlangsung setidaknya selama empat minggu.

Presiden mengatakan jam malam akan diberlakukan di kawasan Paris, Marseille, Toulouse, Montpellier dan lima kota lainnya.

Baca juga: Paris jadi zona merah COVID-19
Baca juga: Kasus baru COVID-19 Prancis kembali di atas 10.000


"Kami berada di gelombang kedua," kata Macron dalam sebuah wawancara di televisi nasional. "Kami harus bereaksi."

Prancis, seperti negara-negara Eropa lainnya, bergulat dengan cara memperlambat penyebaran virus dan mengurangi tekanan pada sistem perawatan kesehatan yang berada dalam tekanan sambil mempertahankan ekonomi secara terbuka dan melindungi pekerjaan.

Pada hari Rabu dilaporkan 22.591 kasus virus corona baru, ketiga kalinya dalam enam hari hitungan harian telah melampaui ambang batas 20.000. Virus itu telah merenggut lebih dari 32.000 nyawa di Prancis.

Macron mengatakan Prancis tidak kehilangan kendali atas virus itu, tetapi ia menambahkan: "Kami berada dalam situasi yang mengkhawatirkan."

Masyarakat yang biasa bepergian di bawah jam malam harus melupakan tentang kunjungan malam hari ke restoran atau ke rumah teman, meskipun perjalanan penting selama jam malam masih diperbolehkan, kata Macron.

Siapa pun yang melanggar jam malam akan didenda 135 euro (Rp 2,3 juta).

Tidak akan ada batasan pada transportasi umum, dan masyarakat masih dapat melakukan perjalanan antardaerah tanpa batasan.

Sementara itu, pertemuan keluarga dibatasi tidak lebih dari enam orang.

Macron mengatakan tujuan kebijakan tersebut adalah untuk mengurangi angka saat ini dari 20.000 kasus baru per hari menjadi sekitar 3.000 dan untuk secara tajam mengurangi beban unit perawatan intensif di rumah sakit.

"Kami akan melalui ini," kata presiden.

Pemerintah Prancis sebelumnya mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada Maret tahun ini, ketika rawat inap akibat pandemi mendekati puncaknya.

Pada saat itu, pihak berwenang menggunakan kekuatan ekstra mereka untuk memerintahkan orang agar tetap di rumah kecuali untuk pekerjaan penting, membeli makanan, atau berolahraga selama satu jam setiap hari.

Keadaan darurat dicabut di daratan Prancis pada bulan Juli, setelah jumlah kasus COVID-19 mereda. Namun sejak itu, kasus COVID-19 kembali melonjak.

Sumber: Reuters

Baca juga: Presiden Polinesia positif COVID-19 usai kembali dari Prancis
Baca juga: Leo Dubois mundur dari timnas Prancis karena positif COVID-19

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020