hasil inspeksi kami tidak ada laporan kejadian efek samping yang serius
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Obat dan Makanan menyebut uji coba vaksin COVID-19 yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran berjalan lancar dan tidak menunjukkan ada efek samping serius.

"Sejauh ini dari hasil inspeksi kami tidak ada laporan kejadian efek samping yang serius akibat pemberian vaksin uji tersebut," kata Direktur Registrasi Obat BPOM Lucia Rizka Andalusia dalam jumpa pers daringnya, Kamis.

Ia mengatakan uji klinik vaksin tersebut sudah memasuki tahap rekrutmen subyek penelitian. Sebanyak 1.620 orang telah direkrut untuk mengikuti fase uji vaksin tersebut.

Terhadap efek samping obat, Lucia mengatakan BPOM juga melakukan evaluasi pelaporan farmakovigilans (efek samping obat).

Selain itu, lanjut dia, BPOM juga mengawasi realisasi importasi impor, produksi dan distribusi obat secara berkala.

Baca juga: Tim Riset: 248 orang sudah disuntik vaksin COVID-19 Sinovac

Baca juga: Tim Riset Unpad pastikan terus pantau relawan vaksin positif COVID-19


BPOM, kata dia, sangat berhati-hati dalam melakukan percepatan perizinan vaksin COVID-19. Tiga calon vaksin COVID-19 yaitu Cansino, G42/Sinopharm dan Sinovac sudah mendapatkan Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) dari China.

"Terhadap produk yang telah mendapatkan EUA, BPOM berkeseinambungan melakukan pengawasan terhadap penyaluran dan peredaran sejak masuk dari luar negeri untuk obat atau vaksin yang diimpor serta proses produksi di industri farmasi untuk obat dan vaksin yang diproduksi di Indonesia serta distribusi oleh pedagang besar farmasi dan pendistribusian di sarana pelayanan kefarmasian," katanya.

Baca juga: Uji coba simulasi imunisasi vaksin COVID-19 mulai dilakukan Kemenkes

Baca juga: Bali jadi tempat uji coba kedua untuk penyuntikan vaksin COVID-19

 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020