Palu (ANTARA) - Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Moh. Haris Kariming menyatakan terjadi penambahan kasus baru COVID-19 di Sulteng.

"Hari ini 24 orang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel usap (swab) sehingga secara kumulatif
641 orang telah terinfeksi COVID-19 hingga saat ini," katanya di Palu, Jumat malam.

24 orang itu berada di sejumlah daerah antara lain enam orang di Kota Palu, satu orang di Kabupaten Sigi, 16 orang di Banggai dan satu orang di Banggai Laut. Saat ini mereka menjalani isolasi secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah (pemda) setempat.

Sementara itu 19 orang pasien dinyatakan telah sembuh sehingga secara kumulatif dari 641 orang terkonfirmasi positif COVID-19, sebanyak 432 orang dinyatakan telah sembuh. Sebanyak 19 orang itu berada di sejumlah daerah yakni delapan orang di Palu, lima orang di Sigi, dua orang di Donggala dan empat orang di Poso.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Sulteng bertambah menjadi 617 orang

Baca juga: Minat masyarakat mendaftar KPPS menurun akibat COVID-19


"Total pasien COVID-19 yang meninggal sampai saat ini berjumlah 25 orang dan 184 orang menjalani isolasi secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemda setempat," ujarnya.

Sebanyak 485 sampel usap masih dalam pemeriksaan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng di Palu.

"Kami berharap hasil pemeriksaan 415 sampel usap tersebut negatif COVID-19 agar tidak terjadi ledakan kasus COVID-19 di Sulteng dan semua pasien yang dirawat segera sembuh," ujarnya.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat agar mendukung tim pengawas Dinas Kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

"Langkah tersebut sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," katanya.*

Baca juga: Pasien COVID-19 di Sulteng bertambah 10 orang dan tiga sembuh

Baca juga: Pasien COVID-19 di Sulteng yang sembuh bertambah jadi 379 orang


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020