Jakarta (ANTARA) - VVV Venlo mencuri satu poin dari kandang AZ Alkmaar setelah memaksa hasil imbang 2-2 berkat dua gol pada menit-menit akhir dalam pertandingan pekan keempat Liga Belanda yang berlangsung di Stadion AFAS, Sabtu waktu setempat.

AZ memegang keunggulan dua gol Jesper Karlsson dan Calvin Stengs sejak menit ke-24, namun memasuki menit ke-41 tuan rumah harus bermain dengan 10 orang setelah Jonas Svensson diganjar kartu merah.

Meski unggul jumlah pemain, VVV baru bisa memperkecil ketertinggalan saat memasuki menit ke-86 melalui Evert Linthorst dan dua menit berselang Giakoumakis memaksa kedudukan kembali imbang 2-2, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Hasil ini membuat kandidat juara Eredivisie musim lalu tertahan pada posisi 11 dengan empat poin, sedangkan VVV Venlo naik ke posisi sembilan dengan lima poin.

Baca juga: Klasemen Liga Belanda: Feyenoord ditempel ketat PSV, Ajax terpeleset

Pada awal laga, AZ langsung menggebrak pertahanan tim tamu. Hasilnya Jesper Karlsson membuat gol cepat saat waktu baru memasuki menit ke-2. Sepakan indah melengkung dari sisi kiri mengelabui kiper VVV Delano van Crooij yang menyangka bola akan keluar.

Seusai gol itu AZ terus mengepung pertahanan VVV, pada menit ke-24 Calvin Stengs menggandakan keunggulan berkat sepakan keras di dalam kotak penalti yang membuat kiper hanya termenung.

Keunggulan 2-0 harus dibayar mahal ketika AZ harus bermain dengan 10 orang, Jonas Svensson melakukan pelanggaran keras terhadap Josua John yang langsung diganjar kartu merah.

Meski unggul jumlah pemain, VVV harus menunggu hingga menit ke-86. Sundulan Evert Linthorst memaksimalkan umpan silang Vito van Crooij menggetarkan jala gawang Hobie Verhulst.

Baca juga: PSV kalahkan Fortuna demi tempel ketat Feyenoord di puncak

Hanya butuh waktu dua menit bagi VVV untuk membuat imbang 2-2 berkat tendangan penalti Georgios Giakoumakis setelah pemain ini dijegal Martins Indi di dalam kotak penalti.

Dalam laga lainnya antara dua tim medioker Heracles Almelo dan RKC Waalwijk, tim tamu Waalwijk meraih tiga poin pertamanya setelah menyudahi laga 1-0 di Stadion Erve Asito.

Satu-satunya gol Waalwijk dibukukan Said Bakari pada menit ke-26, sekaligus mengakhiri kekalahan beruntun pada tiga laga pertamanya.

Waalwijk kini menempati 15 poin setelah mengemas tiga poin, sedangkan Heracles turun ke posisi 13 dengan empat poin.

Baca juga: Feyenoord pecundangi Willem II untuk rebut posisi puncak

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020