Jakarta (ANTARA) - Posisi Everton aman di puncak klasemen Liga Inggris terbantu keputusan VAR yang menguntungkan mereka di Derby Merseyside dalam rangkaian pekan kelima.

Gawang Everton dikoyak oleh kapten Liverpool Jordan Henderson pada injury time, tetapi VAR dan wasit Michael Oliver sepakat Sadio Mane terjebak offside dalam proses serangan, sehingga skor 2-2 jadi hasil akhir pertandingan di Goodison Park pada Sabtu.

Kendati catatan sapu bersih Everton raih, tambahan satu poin cukup mengamankan posisi tim besutan Carlo Ancelotti di puncak klasemen setidaknya sepekan ke depan.

Sebab koleksi 13 poin tidak mungkin dikejar oleh tim-tim lain di bawah mereka, termasuk Liverpool (10) yang sementara menduduki posisi kedua.

Baca juga: Derby Merseyside imbang, Calvert-Lewin puas jaga tren nirkalah Everton

Kegembiraan juga jadi milik rival Liverpool lainnya, Manchester United, yang meraih kemenangan telak 4-1 atas Newcastle United berkat tiga gol yang mereka hujamkan ke gawang tuan rumah dalam 10 menit terakhir pertandingan di St. James' Park.

Hasil itu menuntun tim besutan Ole Gunnar Solskjaer kembali ke jalur kemenangan setelah menelan kekalahan di dua pertandingan terakhir, sekaligus membuat MU naik ke peringkat ke-14 dengan koleksi enam poin.

Rival sekota MU, Manchester City, juga kembali ke jalur kemenangan dengan skor tipis 1-0 atas Arsenal berkat gol tunggal Raheem Sterling di Etihad.

Baca juga: Manchester United hempaskan Newcastle berkat kesuburan 10 menit akhir
Baca juga: Guardiola soroti dua penyelamatan gemilang Ederson


City kini menempati peringkat kesembilan dengan tujuh poin, sedangkan Arsenal (9) sementara melorot ke peringkat kelima.

Dalam laga lebih awal, Chelsea terpaksa kehilangan dua poin dari tangan mereka lantaran Jannik Vestergaard mencetak gol pada injury time untuk mengantarkan Southampton memaksakan skor imbang 3-3 di Stamford Bridge.

Satu poin yang dibagi cukup membuat Chelsea sementara naik ke urutan keenam dengan koleksi delapan poin, sedangkan Southampton merangsek ke urutan ke-10.

Baca juga: Lampard yakin dua gol pertama suntik kepercayaan diri Timo Werner
Baca juga: Hasenhuettl tegaskan Southampton pantas dapat poin dari Chelsea


Rangkaian pekan kelima Liga Inggris masih berlanjut Minggu malam ini, dengan Aston Villa berpeluang untuk melanjutkan tren sapu bersih mereka saat bertandang ke markas Aston Villa.

Kedua tim berpeluang menggusur Liverpool dari posisi kedua klasemen sementara sembari memangkas jarak dari Everton.

Sementara itu, Tottenham Hotspur berpeluang menyodok ke empat besar jika bisa menang atas tamunya West Ham United.

Dua tim terbawah di klasemen saat ini, Sheffield United dan Fulham, akan bertemu satu sama lain di Bramall Lane berburu kemenangan perdana mereka musim ini.

Baca juga: Kata Redknapp, Spurs bisa rebut gelar juara
Baca juga: Preview pertandingan Liga Inggris pekan ini dalam statistik


Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan kelima (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Sabtu (17/10) malam s.d. Minggu (18/10) dini hari
Everton 2 - Liverpool 2 (Michael Keane 19', Dominic Calvert-Lewin 81'; Sadio Mane 3', Mohamed Salah 72') Baca juga: VAR anulir kemenangan Liverpool atas Everton dalam Derby Merseyside
Chelsea 3 - Southampton 3 (Timo Werner 15', 28', Kai Havertz 59'; Danny Ings 43', Che Adams 57', Jannik Vestergaard 90+2') Baca juga: Southampton curi satu poin dari Chelsea
Manchester City 1 - Arsenal 0 (Raheem Sterling 23') Baca juga: Sterling jadi pembeda Manchester City atas Arsenal
Newcastle United 1 - Manchester United 4 (Luke Shaw bd-2'; Harry Maguire 23', Bruno Fernandes 86', Aaron Wan-Bissaka 90', Marcus Rashford 90+6')

Minggu (18/10) malam s.d. Senin (19/10) dini hari
18.00 Sheffield United vs Fulham
20.00 Crystal Palace vs Brighton & Hove Albion
22.30 Tottenham Hotspur vs West Ham United
01.15 Leicester City vs Aston Villa

Senin (19/10) malam s.d. Selasa (20/10) dini hari
23.30 West Bromwich Albion vs Burnley
02.00 Leeds United vs Wolverhampton

Klasemen Liga Inggris

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020