Jakarta (ANTARA) - Kewajiban pakai masker menimbulkan masalah jerawat bagi sebagian orang, yang kini dikenal dengan sebutan "maskne", yakni jerawat yang muncul akibat memakai masker.

Gesekan bahan masker ditambah kulit yang lembap akibat tertutup masker membuat jerawat mudah muncul. Kondisi ini diperparah dengan penggunaan riasan wajah di balik masker yang berpotensi membuat pori-pori tersumbat.

Simak lima langkah atasi maskne seperti dikutip dari siaran resmi Derma Angel, Senin.

1. Pastikan wajah bersih tanpa pori-pori yang tersumbat
Kebersihan adalah faktor utama untuk mencegah kondisi maskne bertambah parah. Yang perlu dilakukan adalah untuk selalu memastikan wajah bersih tanpa kotoran yang menyumbat pori-pori, baik sebelum menggunakan masker maupun setelah melepas masker.

2. Gunakan toner
Untung mengembalikan kondisi wajah di pH yang seimbang setelah mencuci wajah, selalu gunakan toner. Hal ini juga berguna untuk hasil penyerapan skincare yang lebih baik.

Baca juga: Berjerawat karena mengenakan masker? Ini tips perawatannya

Baca juga: Tips agar masker tak sebabkan jerawat pada kulit sensitif


3. Pakai obat jerawat
Atasilah jerawat di wajah dengan memakai obat jerawat yang cocok dengan kulit Anda.

4. Rawat kulit seperti biasa
Selain memakai obat jerawat, jangan lupa lindungi wajah dengan pelembap serta tabir surya setiap hari. Meski berada di dalam rumah, paparan sinar matahari yang masuk lewat jendela membuat Anda harus tetap menggunakan tabir surya.

5. Gunakan masker bersih.
Selalu pastikan masker yang digunakan merupakan masker yang bersih sebelum digunakan. Tidak lupa juga untuk membawa masker ganti, jika pergi dalam waktu yang lama. Sebaiknya masker diganti setiap empat jam.

Baca juga: Manfaat daun neem dan kunyit untuk basmi jerawat

Baca juga: Manfaat air beras untuk kesehatan kulit wajah

Baca juga: Kenali penyebab jerawat di hidung dan cara mencegahnya

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020