Saya pikir siapa pun yang terpilih, kami akan mendapatkan stimulus
New York (ANTARA) - Saham-saham Wall Street lebih tinggi pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), di tengah meningkatnya optimisme bahwa anggota parlemen AS mendekati kesepakatan paket stimulus yang bertujuan untuk meredam guncangan ekonomi dari pandemi virus corona.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 113,37 poin atau 0,40 persen menjadi 28.308,79 poin. Indeks S&P 500 berakhir 16,2 poin lebih tinggi,atau 0,47 persen, menjadi berakhir di 3.443,12 poin. Indeks Komposit Nasdaq ditutup 37,51 poin lebih tinggi atau 0,33 persen, menjadi 11.516,49 poin.

Sepuluh dari 11 sektor utama S&P 500 menguat, dengan sektor energi terangkat 1,13 persen, memimpin kenaikan. Bahan pokok konsumen turun 0,11 persen, satu-satunya kelompok yang menurun.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Nancy Pelosi mengatakan pada Selasa (20/10/2020) malam bahwa dia berharap perjanjian bantuan virus corona dapat diselesaikan pada akhir minggu ini.

Pelosi berbicara dengan Menteri Keuangan Steven Mnuchin tentang kesepakatan stimulus.

"Saya pikir siapa pun yang terpilih, kami akan mendapatkan stimulus," kata Brian Reynolds, kepala strategi pasar, di Reynolds Strategy.

“Berita utama saat ini bersifat jangka pendek. Nantinya, mereka akan berkumpul dan menghasilkan lebih banyak stimulus bagi perekonomian ketika semua sektor yang tertinggal sangat membutuhkannya,” tambahnya.

Ketidakpastian atas paket bantuan virus corona membebani indeks utama Wall Street pada Senin (19/10/2020) dan para analis memperkirakan turbulensi pasar meningkat dengan hanya tersisa dua minggu hingga Hari Pemilihan.

Sementara itu, Departemen Kehakiman AS dan 11 negara bagian, mengajukan gugatan antimonopoli terhadap Alphabet Inc. Google karena diduga melanggar hukum dalam menggunakan kekuatan pasarnya untuk menangkis saingannya. Saham Alphabet ditutup naik 1,4 persen.

"Ini seperti mengunci pintu pepatah setelah kudanya melesat," kata Neil Campling, kepala penelitian TMT di Mirabaud Securities di London.

“Google telah mendapatkan posisi monopoli, telah menginvestasikan miliaran dalam infrastruktur, AI, teknologi, perangkat lunak, teknik, dan bakat. Anda tidak bisa begitu saja melepaskan satu dekade kemajuan yang signifikan, atau menciptakan kelompok besar baru atau ekosistem teknologi begitu saja.”

Sementara itu, musim laporan laba kuartal ketiga telah mengumpulkan momentum. Dari 66 perusahaan S&P 500 yang telah melaporkan hasil, 86,4 persen telah melampaui ekspektasi untuk laba, menurut data IBES Refinitiv.

Perusahaan asuransi properti dan kecelakaan Travelers Cos Inc melonjak 5,6 persen setelah mengalahkan ekspektasi laba kuartalan, sementara raksasa produk konsumen Procter & Gamble Co naik 0,4 persen karena menaikkan perkiraan penjualan dan laba setahun penuh.

Baca juga: Wall Street dibuka lebih tinggi, saat pasar pantau pembahasan stimulus
Baca juga: Wall Street jatuh, batas waktu stimulus mendekati tanpa kesepakatan

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020