Pimpinan Gontor tutup usia, civitas mohon doa husnul khatimah

id Syukri Zarkasyi,GOntor,pondok gontor

KH Abdullah Syukri Zarkasyi (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Civitas Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, meminta doa husnul khatimah untuk meninggalnya pimpinan PMDG KH Abdullah Syukri Zarkasyi yang tutup usia pada Rabu sore.

"Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT dan diampuni segala dosanya," kata Rektor Universitas Darussalam Gontor Amal Fathullah Zarkasyi dalam keterangannya.

Adapun pimpinan PMDG tutup usia pada pukul 15.50 WIB di Rumah Gontor. Pada 2012, KH Syukri terkena serangan stroke dan semenjak saat itu almarhum beberapa kali menjalani perawatan intensif.

Baca juga: Pimpinan Pondok Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi wafat

KH Syukri lahir di Gontor pada 19 September 1942. Almarhum adalah putra pertama KH Imam Zarkasyi, salah seorang dari tiga pendiri PMDG.

Almarhum Syukri menamatkan sekolah dasarnya di Desa Gontor pada 1954. Dia sempat menimba ilmu di PMDG dan melanjurkan studinya di IAIN Jakarta hingga meraih gelar sarjana muda pada 1965.

Ia terus menuntut ilmu hingga Timur Tengah yaitu di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir untuk gelar sarjana (Lc) dan masternya (MA) pada 1978.

Pada 2005 almarhum Syukri mendapat gelar doktor kehormatan dari IAIN Jakarta yang sudah berubah menjadi UIN Jakarta.

Baca juga: 86 santri Gontor sembuh COVID-19, dipulangkan ke pondok

Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar