Hari ini Program TMMD ke-109 secara resmi telah ditutup
Tarakan (ANTARA) - Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto menyerahkan bukti pencapaian Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 kepada Wali Kota Tarakan Khairul.

"Selama kegiatan TMMD ini, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta kegotongroyongan seluruh komponen masyarakat," kata Eko Antoni, di Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu.

Menurutnya semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat kemanggulan TNI/Polri dengan rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus dibangun serta dipelihara.

Realisasi pembangunan fisik TMMD ke-109 di wilayah Kodim 0907/Tarakan telah ditutup. Awalnya yang akan menutup TMMD ini antara Panglima TNI atau Kasad. Namun karena situasi pandemi, sehingga penutupan TMMD dilakukan secara sederhana, namun terpenting penyerahan hasil harus 100 persen.

Dandim menjelaskan, TMMD ke-109 di wilayah Kodam VI/Mulawarman ini merupakan operasi bakti TNI dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Baca juga: Satgas TMMD berikan pelayanan kesehatan untuk warga


Kegiatan ini dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan unsur pemerintah daerah, kepolisan, instansi lain, dan masyarakat. Kemanunggalan ini aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara terbentuknya pertahanan yang kokoh.

"Panglima Kodam VI/Mulawarman mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada seluruh satgas TMMD di jajaran Kodam VI Mulawarman yang telah mewujudkan pencapaian sasaran sesuai rencana dan waktu yang telah ditetapkan," kata Eko Antoni.

Sasaran pembangunan fisik telah mencapai 100 persen, di antaranya pembangunan infrastruktur pedesaan, pembuatan jembatan, rehab rumah ibadah, dan rumah tidak layak huni.

Kegiatan nonfisik seperti penyuluhan kesehatan, hukum, dan kamtibmas dilaksanakan dengan segala upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Hari ini Program TMMD ke-109 secara resmi telah ditutup. Namun demikian kami tetap bertanggung jawab terhadap hasil yang telah tercapai ini. Kami tetap akan melaksanakan penyempurnaan agar jalan itu bisa benar-benar dilalui," katanya pula.

Ada beberapa program belum dilaksanakan, seperti pembuatan siring dan agregatisasi jalan yang menjadi perhatian. Insya Allah November minggu kedua bisa diselesaikan 100 persen.

"Untuk 100 persen yang diserahkan hari ini, yaitu pembukaan jalan, pembangunan jembatan, dan rehabilitasi rumah ibadah," katanya lagi.
Baca juga: Satgas TMMD maksimalkan pengerjaan jembatan di Tarakan


Kegiatan yang dilangsungkan di Makodim 0907 Tarakan ini, sekaligus menutup TMMD tahun ini yang berlangsung sejak 22 September 2020.

Wali Kota Tarakan Khairul memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan TMMD tahun ini, mulai dari TNI, Polri, organisasi masyarakat, dan masyarakat yang telah menyukseskan TMMD.

Dia menyatakan bahwa pembangunan yang dilaksanakan dalam TMMD ini bermanfaat bagi masyarakat.

“TMMD ini juga sejalan dengan Visi dan Misi Kota Tarakan yang ada, yaitu Terwujudnya Tarakan Sebagai Kota Maju dan Sejahtera Melalui Smart City,” kata Khairul.
Baca juga: Satgas TMMD optimalkan pengerjaan 1,1 km jalan di Tarakan
Baca juga: TMMD di Tarakan untuk tingkatkan akses ekonomi dan kesehatan

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020