Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II mengaktifkan piket siaga operasi mulai tanggal 26 Oktober hingga 1 November 2020 di 19 bandara untuk melayani penumpang terkait libur panjang.

Director of Operation and Service PT Angkasa Pura II Muhamad Wasid dalam keterangan yang diterima di Tangerang Rabu mengatakan seluruh bandara perseroan sudah bersiaga dalam melayani penumpang pada periode libur panjang.

Baca juga: Kantor Pos tetap buka selama libur panjang

“Protokol kesehatan dijalankan ketat demi mengutamakan keamanan dan keselamatan penerbangan. Sebagai bagian langkah antisipasi, 19 bandara mengaktifkan Piket Siaga Operasi mulai 26 Oktober – 1 November 2020," katanya.

Pihaknya memastikan bila fasilitas di gedung terminal, sisi darat dan sisi udara seperti runway, taxiway, apron dan fasilitas penunjang lainnya berfungsi dengan baik agar operasional penerbangan selalu berjalan lancar.

Baca juga: Petugas terapkan "contra flow" di Tol Jakarta-Cikampek

Sementara itu puncak arus keberangkatan penumpang di 19 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II telah terjadi hari Selasa (27/10).

PT Angkasa Pura II memperkirakan jumlah penumpang pada 27 Oktober mencapai 90.000 – 95.000 penumpang atau meningkat sekitar sembilan persen dibandingkan dengan hari lain di bulan ini. Khusus di Bandara Soekarno-Hatta jumlah penumpang besok dapat mencapai sekitar 65.000 penumpang.

Baca juga: Jabar minta pemda tekan risiko penularan COVID-19 semasa libur panjang

Adapun 19 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II yaitu Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta, Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Bandara Kertajati Majalengka, Bandara Kualanamu di Deli Serang, Bandara Supadio di Pontianak, Bandara Minangkabau di Padang, Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, dan Bandara Sultan Iskandar Muda di Aceh.

Kemudian Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Bandara Sultan Thaha di Jambi, Bandara Depati Amir di Pangkalpinang, Bandara Silangit di Banyuwangi, Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya, Bandara Radin Inten II di Lampung, Bandara Fatmawati Soekarno di Bengkulu dan Bandara HAS Hanandjoeddin di Belitung.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020