Ketua MPR: Sumpah Pemuda momentum perkuat persatuan hadapi pandemi

id bamsoet,mpr,sumpah pemuda

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak pemuda untuk memaknai peringatan Sumpah Pemuda 2020 sebagai momentum menjalin persatuan untuk bangkit menghadapi pandemi COVID-19.

"Saya menyampaikan bahwa Hari Sumpah Pemuda 2020 yang mengusung tema bersatu dan bangkit agar membuat para pemuda terus menjalin persatuan untuk bangkit, terutama dalam menghadapi kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini," ujar Bambang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Bamsoet ingatkan kaum milenial teruskan semangat Sumpah Pemuda

Selain bersatu untuk bangkit hadapi pandemi COVID-19, pria yang akrab disapa Bamsoet itu juga mengajak generasi muda untuk terus berkegiatan positif. Untuk itu, dia mendorong Kementerian Pemuda dan Olahraga terus berinovasi guna mendukung generasi muda berkarya mengharumkan nama bangsa.

Bamsoet menilai peringatan Hari Sumpah Pemuda harus menjadi momentum pemuda pemudi bangsa mengenang dan memaknai nilai-nilai yang tersirat maupun yang tersurat dari sumpah pemuda tersebut.

Baca juga: Peringatan Sumpah Pemuda, Bamsoet: Era kolaborasi harus dikedepankan

"Yakni dengan melanjutkan perjuangan akan tujuan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan ikut serta dalam mengembangkan pembangunan sesuai dengan kemampuan, ilmu, dan teknologi yang dimiliki," ujarnya.

Lebih lanjut, Bamsoet juga mengingatkan bahwa meskipun masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama yang berbeda, namun persatuan sebagai bangsa tetap harus dijaga dan dijunjung tinggi, sebagaimana semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca juga: Ketua MPR minta generasi muda teladani perjuangan pendahulunya

Dia juga menyatakan bahwa bahasa Indonesia yang menjadi bahasa persatuan dan merupakan identitas bangsa tetap harus dijaga untuk mewujudkan cita-cita persatuan bangsa yang lebih kokoh.

Pewarta : Fathur Rochman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar