Jakarta (ANTARA) - UC Browser, peramban pihak ketiga terbesar di dunia oleh UC Web, bisnis dari Alibaba Innovation Initiatives Business Group, baru saja mengumumkan kolaborasi dengan Alibaba Cloud dalam bentuk co-branding untuk membantu dan memberdayakan usaha kecil menengah di pasar Indonesia.

Melalui kolaborasi ini masyarakat pengguna di Indonesia dapat menikmati penawaran spesial untuk beragam layanan Alibaba Cloud yang mencakup mulai dari kebutuhan mendasar hingga komputasi kompleks.

Baca juga: Pandemi dorong adopsi layanan komputasi awan Alibaba Cloud

Baca juga: Startup HiPajak menangi Alibaba Global GET Challenge 2020


Vice President UC Web Global Business Huaiyan Yang dalam keterangannya di Jakarta, Rabu menyatakan teknologi cloud merupakan arah yang benar demi memberdayakan para pelaku usaha di Indonesia.

"Kami bangga dapat bekerjasama dengan Alibaba Cloud untuk memberikan penawaran spesial ini kepada pengguna Indonesia, terutama bagi pengusaha kecil dan menengah," katanya.

Penyedia layanan cloud terbesar ketiga di dunia saat ini menyediakan pengguna UC dengan kupon bernilai hingga 100 dolar AS atau setara Rp1,4 juta yang dapat digunakan pengguna saat membeli berbagai solusi layanan Alibaba Cloud.

"UC selalu berkomitmen untuk mendukung perkembangan usaha kecil menengah," ujar Huaiyan Yang.

UC Browser memanfaatkan keahliannya sebagai agregator konten untuk membantu bisnis lokal meningkatkan kualitas merek mereka melalui rekomendasi berbasis konten yang dapat dibaca oleh pengguna dalam aplikasi.

Salah satu contohnya adalah pada kampanye UC Minggu Bonus pada bulan September, lebih dari 25 juta konten rekomendasi telah dibaca oleh pengguna UC.

Konten rekomendasi dalam format video dan artikel tidak hanya memuaskan kebutuhan pengguna yang meningkat, tapi juga telah membantu usaha kecil dan menengah untuk mendorong popularitas produk mereka.

Usaha lain yang diberikan UC adalah memenuhi kebutuhan yang kian berkembang bagi perusahaan akan transformasi digital dengan menawarkan layanan UCeleb Network bagi ritel lokal dan usaha kecil menengah.

UCeleb Network adalah layanan yang dapat memilih dan menentukan Key Opinion Leader (KOL) yang sesuai bagi perusahaan untuk mempromosikan produk mereka secara online.

Layanan ini telah berhasil memilih dan menentukan KOL untuk merek makanan lokal, produk elektronik, merek kecantikan, dan masih banyak lagi. Segala bentuk solusi promosi online dapat dikustomisasi seperti penggunaan live streaming dan konten video.

Menurut dia, tingkat permintaan UKM Indonesia untuk layanan cloud tinggi, dan kolaborasi UC Browser dengan Alibaba Cloud telah memberikan UKM lebih banyak opsi untuk memiliki keunggulan kompetitif dengan memanfaatkan penggunaan layanan teknologi cloud yang serba guna.


Baca juga: Gandeng Alibaba, BMW percepat transformasi digital

Baca juga: Alibaba Resmikan Pabrik Produsen Digital Baru

Baca juga: Usung konsep "New Manufacturing," Alibaba luncurkan pabrik digital

Pewarta: Subagyo
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020