Pengelola objek wisata di Kudus disiplin terapkan protokol kesehatan

id Pengelola objek wisata, di Kudus, disiplin terapkan protokol kesehatan,protokol kesehatan, wisata

Objek wisata Menara Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus (ANTARA) - Para pengelola objek wisata di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona, meskipun tingkat kesembuhan penderita penyakit virus corona (COVID-19) semakin meningkat.

"Semua objek wisata yang dikelola Pemkab Kudus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, terlebih saat musim liburan panjang seperti sekarang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Bergas Catur Sasi Penanggungan di Kudus, Sabtu.

Meskipun liburan panjang seperti sekarang banyak pengunjung, kata dia, di setiap objek wisata tidak ada penambahan personel.

Baca juga: Saat libur panjang, 34 warga terjaring ops yustisi di DTW Kintamani

Jumlah personel yang tersedia di masing-masing objek wisata, kata dia, dinilai cukup untuk melakukan pengecekan suhu tubuh setiap pengunjung serta memastikan pengunjung mematuhi protokol kesehatan mulai dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak di objek wisata.

Kalaupun jumlah pengunjung membeludak, kata dia, petugas yang tersedia akan dimaksimalkan guna memastikan di kawasan objek wisata tidak terjadi kerumunan guna menghindari penularan virus corona.

Sementara itu, Juru Bicara Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3K) Deni Nur Hakim memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan tidak akan berhenti sebelum kasus virus corona benar-benar tertangani.

"Semua wisatawan yang masuk ke kompleks Makam dan Menara Sunan Kudus diwajibkan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan," ujarnya.

Baca juga: Pandemi COVID-19, "jeda" untuk revitalisasi wisata Bali

Penyemprotan tempat-tempat yang dikunjungi peziarah dengan cairan disinfektan, kata dia, juga masih rutin dilakukan untuk memastikan kawasan menara bebas virus penyakit.

Objek wisata yang ada di Kabupaten Kudus dan mulai kembali beroperasi, yakni Makam Sunan Kudus, Makam Sunan Muria, Taman Sardi, The Hill Vaganza, Waterpark Mulia Wisata, Taman Ria Colo, Taman Krida Kudus, Museum Kretek, serta Rejenu.

Pintu masuk kawasan wisata Colo, Kecamatan Dawe, Kudus, yang sebelumnya tutup, juga sudah dibuka kembali karena menjadi salah satu tujuan wisatawan dari berbagai daerah di Tanah Air untuk berziarah ke Makam Sunan Muria, selain pula ke Sunan Kudus. *

Baca juga: Anggota DPD nilai wisata premium bisa musnahkan komodo
Baca juga: Polisi prediksi puncak arus balik wisata Lembang terjadi Sabtu malam
Baca juga: Kang Emil sebut 100 orang reaktif usai tes cepat di tempat wisata

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar