Menag: Kerja sama BAZNAS-IsDB perkuat pengelolaan zakat

id Baznas,fachrul razi,menteri agama,zakat,islamic development bank,IsDB

Menag: Kerja sama BAZNAS-IsDB perkuat pengelolaan zakat

Menteri Agama Fachrul Razi saat memberi sambutan pada peluncuran kolaborasi Program BAZNAS-IsDB secara daring, di Jakarta, Kamis (5/11/2020). (FOTO ANTARA/HO-Kemenag)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Fachrul Razi menyambut baik kerja sama antara Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dengan Islamic Development Bank (IsDB) untuk memperkuat pengelolaan zakat yang dapat mempercepat pengentasan kemiskinan, terutama saat pandemi COVID-19.

"Pengembangan kolaborasi pengelolaan zakat untuk mengurangi kemiskinan dan penanganan COVID-19 menjadi agenda penting untuk dilaksanakan," kata Menag saat memberi sambutan pada peluncuran kolaborasi Program BAZNAS-IsDB secara daring, di Jakarta, Kamis.

Turut serta dalam kegiatan tersebut Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo, perwakilan IsDB dan delegasi terkait lainnya.

Menag mengatakan kolaborasi antarinstitusi adalah keniscayaan yang nantinya tertuang dalam program, terutama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan umat.

"Sejalan dengan spirit penguatan ekosistem pemberdayaan zakat, maka regulasi, manajemen organisasi, komitmen kelembagaan, indeks literasi, akses layanan, komunikasi publik, dan tanggung jawab sosial lembaga pengelola zakat juga harus semakin diperkuat agar membawa dampak yang signifikan," katanya.

Ia mengatakan BAZNAS sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang mengurusi pengelolaan zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya memang seharusnya mengembangkan jaringan, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya menyambut baik kolaborasi yang dijalin Baznas dengan Islamic Development Bank (IsDB). Sepuluh tahun yang lalu, kolaborasi BAZNAS juga telah terjalin dengan Islamic Research And Training Institute (IRTI) yang berada di bawah naungan IsDB dan juga dengan IsDB sendiri," katanya.

Adapun kolaborasi BAZNAS dan IsDB itu bergerak dalam bidang dana hibah pendampingan teknis untuk integrasi zakat dan komunitas berbasis program pengurangan kemiskinan, demikian Fachrul Razi.

Baca juga: BAZNAS-UNDP kolaborasi kembangkan ekonomi untuk kurangi kemiskinan

Baca juga: IsDB: Prioritas Indonesia pada keuangan Islam transformatif

Baca juga: Kemenag tetapkan daerah percontohan Kampung Zakat

Baca juga: IsDB-Indonesia sepakati komitmen 824 juta dolar AS

Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar