Jakarta (ANTARA News) - Bank Pembangunan Asia (ADB) menyatakan akan berkontribusi dalam pembentukan fasilitas kredit penjaminan bagi negara-negara Asean ditambah tiga negara lain, China, Jepang dan Korea Selatan (Asean Plus 3).

Dewan Direksi ADB, dalam siaran pers di Jakarta, Rabu menyebutkan menyetujui pembentukan Jaminan Kredit dan Investasi Fasilitas (CGIF) sebagai dana perwalian dengan memberikan kontribusi modal dari 130 juta dolar AS, sementara negara ASEAN+3 akan menyediakan dana gabungan 570 juta dolar AS untuk memenuhi dana yang disepakati 700 juta dolar AS.

Fasilitas yang bertujuan untuk mempromosikan stabilitas keuangan dan meningkatkan investasi jangka panjang di wilayah ini akan mulai beroperasi pada 2011, dan akan memperluas jaminan bagi obligasi yang berdenominasi mata uang lokal yang dikeluarkan perusahaan di kawasan itu.

Jaminan tersebut juga akan memudahkan bagi perusahaan untuk menerbitkan obligasi daerah dengan jangka waktu lebih lama. Ini akan membantu mengurangi ketidaksesuaian mata uang dan jatuh tempo yang menyebabkan krisis keuangan Asia 1997-1998 dan membuat sistem keuangan daerah lebih tahan terhadap arus modal global yang stabil dan guncangan eksternal.

"Penjaminan kredit dan pinjaman kredit investasi ini akan memungkinkan perusahaan untuk menerbitkan obligasi di pasar domestik dan di pasar tetangga serta di seluruh ASEAN +3. Penyaluran tabungan investasi daerah ke daerah akan mendukung pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan," kata Noy Siackhachanh, penasihat Kantor Integrasi Ekonomi Regional ADB.

Pasar obligasi dengan denominasi mata uang lokal di Asia Timur telah berkembang secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir dan mencapai 4,4 triliun dolar AS pada akhir 2009. Namun demikian, jumlah itu hanya sekitar 7 persen dari obligasi global. Sementara obligasi korporasi hanya 30 persen dari saldo obligasi mata uang lokal di daerah.

Sejak krisis 1997-1998, pemerintah di wilayah tersebut telah bekerja untuk memperluas pasar obligasi domestik, dengan negara-negara ASEAN +3 meluncurkan Asian Bond Markets Initiative pada 2002, dan sejumlah bank sentral pembentukan Asian Bond Fund pada 2003 untuk mendukung pasar pembangunan.

CGIF menandai kelanjutan dari upaya untuk mempromosikan pasar regional di wilayah yang semakin saling tergantung. Sebuah studi ADB, menunjukkan permintaan yang signifikan, mencapai 25 miliar dolar AS pada 2020.

Ini menunjukkan kemungkinan besar emiten memperoleh manfaat dari berdirinya fasilitas penjaminan kredit akan perusahaan dinilai antara BBB dan A dana jangka panjang untuk mencari infrastruktur.

The CGIF akan diatur oleh delapan anggota dewan yang diambil dari negara-negara penyumbang termasuk satu perwakilan dari ADB.

Lokasi dana perwalian masih belum diputuskan. Setelah 700 juta dolar AS modal telah habis, dewan akan meninjau peran CGIF, struktur organisasi dan operasi untuk memutuskan apakah modal atau rasio 1:1 leverage harus ditingkatkan.

Kepemilikan hak akan proporsional dengan kontribusi modal. RRC telah memutuskan berkontribusi 200 juta dolar AS untuk fasilitas; Jepang 200 juta dolar AS, Republik Korea 100 juta dolar dan gabungan negara-negara ASEAN 70 juta dolar AS.
(T.D012/S004/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010