• Alibaba luncurkan Farfetch, saluran belanja mewah di Tmall Luxury Pavilion dan Luxury Soho; Alibaba juga akan berinvestasi dalam Farfetch China Joint Venture yang baru dibentuk dan di Farfetch Limited 
• Richemont berinvestasi dalam Farfetch China Joint Venture yang baru dibentuk dan di Farfetch Limited; Richemont juga akan mencari peluang tambahan untuk bekerja sama dengan Farfetch
• Farfetch dan Alibaba memanfaatkan platform mereka dan teknologi ritel tambahan untuk mempercepat digitalisasi industri mewah; juga membentuk Steering Group, diikuti oleh para pemimpin mewah yang berpengaruh, Johann Rupert dan François-Henri Pinault
• Artemis meningkatkan kepemilikan yang ada di Farfetch dengan investasi tambahan

London (Antara/Business Wire)- Farfetch (NYSE:FTCH), Alibaba Group (NYSE:BABA dan HKSE:9988) dan Richemont (SWX:CFR) hari ini mengumumkan kemitraan strategis global untuk memberikan merek mewah dengan akses yang ditingkatkan ke pasar China serta mengakselerasi digitalisasi industri mewah global. Memanfaatkan setiap keahlian dan jangkauan luas perusahaan masing-masing, kemitraan ini akan membawa ritel mewah ke generasi berikutnya dengan mengintegrasikan dunia digital dan fisik secara mulus.

Untuk melihat rilis pers multimedia selengkapnya, klik di sini: https://www.businesswire.com/news/home/20201105006200/en/

Farfetch Luncurkan Platform Mewah Alibaba di China

Farfetch akan meluncurkan saluran belanja mewah di platform Alibaba, Tmall Luxury Pavilion dan Luxury Soho, tujuan gerai mewah dan mewah utama China di dalam pasar Tmall, serta pasar lintas batas Alibaba, Tmall Global. Saluran baru ini memperluas jangkauan platform mewah global Farfetch ke 757 juta konsumen Alibaba, menawarkan merek mewah solusi multi-merek melalui integrasi tunggal dengan Farfetch. Ini akan memberikan label mewah dengan peluang unik untuk meningkatkan kesadaran merek mereka, sekaligus secara signifikan memperluas pasar konsumen mewah yang dapat dialamatkan melalui partisipasi mereka di pasar global Farfetch. Untuk konsumen mewah, Farfetch menyediakan berbagai cara untuk membelanjakan merek favorit mereka baik melalui integrasi Farfetch, atau melalui integrasi NET-A-PORTER yang sudah sangat sukses di Tmall Luxury Pavilion.

Investasi Strategis di Farfetch dan Farfetch China

Sebagai bagian dari kemitraan global, Alibaba dan Richemont akan menginvestasikan 600 juta doalr AS (masing-masing 300 juta dolar AS) dalam bentuk uang kertas konversi pribadi yang diterbitkan oleh Farfetch Limited. Alibaba dan Richemont juga akan menginvestasikan 500 juta dolar AS (masing-masing 250 juta dolar AS) di Farfetch China, mengambil 25% saham gabungan dalam usaha gabungan baru yang akan mencakup operasi pasar Farfetch di wilayah China. Selain itu, Alibaba dan Richemont memiliki opsi untuk membeli 24% gabungan lebih lanjut dari Farfetch China setelah tahun ketiga pembentukan usaha gabungan. Alibaba dan Richemont juga akan menjajaki peluang tambahan untuk bekerja sama dengan Farfetch untuk menyediakan layanan bagi merek-merek mewah. Investasi oleh Alibaba dan Richemont di Farfetch China dan pendirian usaha gabungan diharapkan selesai selama setengah tahun pertama kalender 2021, tergantung pada kepuasan kondisi penutupan.

Secara terpisah, Artemis juga setuju untuk meningkatkan investasi yang ada di Farfetch dengan pembelian saham biasa Kelas A Farfetch senilai 50 juta dolar AS.

Percepat Digitalisasi Industri Mewah Global

Luxury New Retail ("LNR") merupakan inisiatif visioner yang akan memanfaatkan teknologi ritel omnichannel canggih dari Farfetch dan Alibaba untuk melayani kebutuhan bisnis mewah, termasuk rangkaian lengkap solusi perusahaan yang didukung oleh Farfetch. Solusi ini akan melayani strategi distribusi mono-merek dan multi-merek untuk merek-merek mewah, termasuk situs web dan aplikasi e-commerce yang sepenuhnya terhubung, teknologi ritel omnichannel, akses ke pasar Farfetch, serta Tmall Luxury Pavilion melalui integrasi tunggal.

Farfetch dan Alibaba juga telah membentuk kelompok pengarah untuk lebih meningkatkan inisiatif LNR, yang bertujuan untuk memimpin digitalisasi industri ritel mewah global. Pimpinan Richemont, Johann Rupert, dan Pimpinan Artemis, François-Henri Pinault, akan bergabung dengan Farfetch dan Alibaba di grup pengarah LNR sebagai anggota pendiri, membawa gabungan kepemimpinan dan keahlian industri mereka selama beberapa dekade.

Pendiri, Ketua, dan CEO Farfetch José Neves, mengatakan: “Pengumuman ini merupakan langkah besar dalam misi kami untuk menghubungkan kurator, pencipta, dan konsumen industri mode mewah. Investasi 1,15 miliar dolar AS di Farfetch dari Alibaba Group, Richemont, dan Artemis adalah validasi kuat dari posisi kami sebagai platform global untuk kemewahan.

Inisiatif baru dengan Alibaba Group dan Richemont memperluas strategi Farfetch untuk mendukung transformasi digital yang terjadi di seluruh industri mewah, yang telah dipercepat oleh tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat pandemi COVID-19. Inisiatif Ritel Baru yang Mewah akan mencari cara agar kami dapat membantu industri yang lebih luas bergerak maju dan berkembang di dunia pasca-COVID.”

Ketua dan CEO Alibaba Group, Daniel Zhang mengatakan: “Kemitraan yang saling melengkapi ini menyatukan beberapa platform ritel dan teknologi mewah terkemuka di dunia, mewakili tonggak sejarah lain dalam strategi Alibaba untuk memenuhi permintaan produk mewah yang berkembang pesat di China. Pasar barang mewah China - yang diperkirakan menyumbang setengah dari penjualan barang mewah global pada tahun 2025 - terdiri dari ratusan juta konsumen muda yang secara digital asli. Dengan bermitra dengan Farfetch dan memperluas hubungan kami yang sudah ada dengan Richemont, kami akan mempercepat digitalisasi industri ritel mewah global dan mengubah pengalaman berbelanja barang mewah bagi konsumen.”

Ketua Richemont, Johann Rupert, mengatakan: “Membangun usaha gabungan kami yang sukses dengan Alibaba, perkembangan ini mewakili akselerasi bermakna lebih lanjut dari perjalanan kami menuju Ritel Baru yang Mewah. Inisiatif ini menyatukan kombinasi yang kuat dari kekuatan yang saling melengkapi - terutama dengan keahlian ritel mewah Maisons kami dan kemitraan merek mendalam YOOX NET-A-PORTER, kurasi ahli, dan layanan pelanggan yang luar biasa - yang akan membantu kami memberikan pengalaman omnichannel yang mulus kepada klien kami yang cerdas.

Kemitraan membuat kalian lebih kuat. Saya senang bermitra dengan Daniel, José, dan François-Henri untuk mewujudkan visi bersama kami, menetapkan standar baru untuk masa depan kemewahan.“

Ketua, Artemis, François-Henri Pinault, mengatakan: “Potensi pertumbuhan e-commerce mewah tidak pernah begitu menjanjikan, dan pentingnya China untuk industri mewah semakin jelas setiap hari. Berkat visi José Neves, Farfetch memainkan peran penting dalam meningkatkan pengalaman omnichannel bagi pelanggan mewah dalam beberapa tahun terakhir. Investasi oleh Artemis menunjukkan keyakinan kami pada masa depan Farfetch dan saya secara pribadi ingin menjelajahi masa depan ritel mewah bersama kelompok visioner dan pakar ini.”

Goldman Sachs International bertindak sebagai Penasihat Keuangan Utama dan Allen & Company LLC bertindak sebagai Penasihat Keuangan untuk Farfetch.

PENERBITAN FARFETCH 600 JUTA DOLAR AS 0% NOTA SENIOR YANG DAPAT DIKONVERSI AKAN JATUH TEMPO PADA TAHUN 2030

Sehubungan dengan perkembangan strategis di atas, Alibaba Group dan Richemont masing-masing setuju untuk membeli 300 juta dolar AS dari 0% surat utang senior yang dapat dikonversi yang jatuh tempo 2030 ("Nota") yang diterbitkan oleh Farfetch Limited ("Perusahaan") dengan total pendapatan kotor 600 juta dolar AS. Modal tambahan akan mendukung strategi jangka panjang Farfetch dalam menghadirkan platform teknologi global untuk industri fashion mewah dan memfasilitasi fokus berkelanjutan Perusahaan dalam melaksanakan rencana pertumbuhannya dan mendorong profitabilitas operasional. Penjualan Nota kepada Alibaba Group dan Richemont diharapkan selesai pada atau sekitar 17 November 2020, tunduk pada kondisi penutupan yang biasa.

Sehubungan dengan investasinya, Alibaba Group akan menominasikan satu direktur ke Dewan Farfetch.

Nota akan jatuh tempo pada tanggal 15 November 2030 kecuali jika sebelumnya dikonversi, ditebus, atau dibeli kembali sesuai dengan persyaratannya. Nota tidak akan dikenakan bunga reguler, dan jumlah pokok Nota tidak akan bertambah. Kapan saja sebelum penutupan bisnis pada hari perdagangan kedua yang dijadwalkan tepat sebelum tanggal jatuh tempo, pemegang dapat mengonversi Nota sesuai opsinya dengan harga konversi awal sekitar 32,29 dolar AS, yang mencerminkan premi 22% ke harga rata-rata tertimbang volume selama periode tiga puluh (30) hari perdagangan yang berakhir pada tanggal 30 Oktober 2020.

Setelah konversi, Nota akan diselesaikan dalam bentuk saham biasa Kelas A milik Perseroan (dengan hak Perseroan, dalam keadaan tertentu, untuk menyelesaikan Nota dalam saham biasa Kelas A, uang tunai atau kombinasinya, pada pemilihan Perusahaan). Jika peristiwa tertentu terjadi yang merupakan "perubahan mendasar" (sebagaimana didefinisikan dalam surat perjanjian rangkap dua yang mengatur ketentuan Nota), pemegang Nota berhak meminta Perusahaan untuk membeli kembali semua atau sebagian Nota mereka secara tunai dengan harga pembelian yang setara dengan 100% dari jumlah pokoknya, ditambah semua bunga khusus yang masih harus dibayar dan belum dibayar, jika ada, sampai, dan termasuk, tanggal jatuh tempo. Dalam keadaan tertentu, Perusahaan akan meningkatkan nilai tukar bagi pemegang yang mengonversi Nota sehubungan dengan perubahan mendasar.

Alibaba Group dan Richemont dapat meminta Perusahaan untuk membeli kembali semua atau sebagian dari Nota masing-masing pada tanggal 30 Juni 2026 dengan harga pembelian kembali sebesar 100% dari jumlah pokok Nota yang akan dibeli kembali, ditambah bunga khusus yang masih harus dibayar dan belum dibayar, jika ada, untuk siapa, tetapi tidak termasuk, tanggal pembelian kembali tersebut.

Perusahaan tidak dapat menebus Nota sebelum tanggal 15 November 2023, kecuali jika terjadi perubahan undang-undang perpajakan. Pada atau setelah tanggal 15 November 2023, Perusahaan dapat menebus, dengan uang tunai, semua atau sebagian dari Nota terkait jika harga jual terakhir saham biasa Kelas A yang dilaporkan paling sedikit 130% (atau 200%, jika porsi yang substansial dari Nota yang relevan dipegang pada saat tersebut di Alibaba Group atau Richemont) dari harga konversi yang berlaku setidaknya selama 20 hari perdagangan (baik berturut-turut maupun tidak) selama periode 30 hari perdagangan berturut-turut (termasuk hari perdagangan terakhir dari periode tersebut) berakhir pada, dan termasuk, hari perdagangan tepat sebelum tanggal di mana Perusahaan memberikan pemberitahuan penebusan, dengan harga penebusan sebesar 100% dari jumlah pokok Nota yang akan ditebus, ditambah bunga khusus yang masih harus dibayar dan belum dibayar, jika ada, kepada, tetapi tidak termasuk, tanggal penebusan.

Saat diterbitkan, Nota akan menjadi kewajiban senior tanpa jaminan Perusahaan dan akan menduduki peringkat senior dalam hak pembayaran untuk salah satu utang tanpa jaminan Perusahaan yang secara tegas disubordinasikan dalam hak pembayaran atas Nota; setara dalam hak pembayaran untuk salah satu hutang Perusahaan tanpa jaminan yang tidak terlalu subordinasi; efektif junior dalam hak pembayaran untuk salah satu hutang terjamin Perusahaan sejauh nilai aset yang menjamin hutang tersebut; secara kontrak disubordinasikan ke 5.00% Nota Senior Perusahaan yang dapat Dikonversi jatuh tempo pada tahun 2025; dan secara struktural junior untuk setiap hutang dan kewajiban lainnya (termasuk hutang usaha) anak perusahaan Perusahaan.

PENGUNGKAPAN INVESTASI ARTEMIS

Sehubungan dengan perkembangan strategis di atas, Artemis telah setuju untuk membeli 1.889.338 saham biasa Kelas A yang diterbitkan oleh Farfetch dengan total pendapatan kotor sekitar 50 juta dolar AS. Penerbitan saham kepada Artemis diharapkan selesai pada atau sekitar 17 November 2020 dengan syarat penutupan secara adat.

Informasi Panggilan Konferensi

Farfetch akan menyelenggarakan panggilan konferensi besok, 6 November 2020 pukul 8:00 pagi, Waktu Bagian Timur untuk membahas transaksi dan usaha sebelumnya. Pendengar dapat mengakses panggilan konferensi langsung melalui webcast audio di http://farfetchinvestors.com di mana pendengar juga dapat mengakses presentasi slide yang menyertainya. Setelah panggilan berlangsung, tayangan ulang webcast akan tersedia di situs web yang sama setidaknya selama 30 hari.

Pernyataan Berwawasan Ke Depan

Rilis ini berisi pernyataan berwawasan ke depan dalam arti Undang-Undang Reformasi Litigasi Sekuritas Swasta tahun 1995. Semua pernyataan yang terkandung dalam rilis ini yang tidak terkait dengan masalah fakta sejarah harus dianggap pernyataan berwawasan ke depan, termasuk, tanpa batasan, lebih lanjut transaksi dan manfaat terkait apa pun, termasuk usaha patungan Farfetch China dan Ritel Baru Mewah, peluang masa depan dan tingkat bisnis yang diantisipasi, kinerja keuangan atau operasi masa depan, kegiatan dan tujuan yang direncanakan, pertumbuhan yang diantisipasi yang dihasilkan darinya, peluang pasar, strategi, persaingan dan harapan lainnya, dan/atau apakah Farfetch akan menyelesaikan penerbitan Notes dan/atau saham biasa Kelas A, dan asumsi yang mendasari pernyataan tersebut, serta pernyataan yang menyertakan kata "mengharapkan", "berniat," "merencanakan," "percaya," "Proyek", "perkiraan ", "perkiraan", "mungkin", "harus", "mengantisipasi" dan pernyataan serupa tentang masa depan atau berwawasan ke depan alam. Pernyataan berwawasan ke depan ini didasarkan pada ekspektasi manajemen saat ini. Pernyataan ini bukanlah janji atau jaminan, tetapi melibatkan risiko yang diketahui dan tidak diketahui, ketidakpastian, dan faktor penting lainnya yang dapat menyebabkan hasil, kinerja, atau pencapaian aktual menjadi berbeda secara material dari hasil, kinerja, atau pencapaian di masa mendatang yang diungkapkan atau tersirat oleh pernyataan berwawasan ke depan. , termasuk faktor-faktor yang dibahas dengan judul "Faktor Risiko" dalam Laporan Tahunan kami pada Formulir 20-F yang diajukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS ("SEC") untuk tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019, karena faktor-faktor tersebut dapat diperbarui dari waktu ke waktu dalam pengajuan kami yang lain dengan SEC, yang dapat diakses di situs web SEC di www.sec.gov dan halaman Investor di situs web kami di www.farfetchinvestors.com. Selain itu, kami beroperasi dalam lingkungan yang sangat kompetitif dan berubah dengan cepat, dan risiko baru muncul dari waktu ke waktu. Tidak mungkin bagi manajemen kami untuk memprediksi semua risiko, kami juga tidak dapat menilai dampak dari semua faktor pada bisnis kami atau sejauh mana faktor apa pun, atau kombinasi faktor, dapat menyebabkan hasil aktual berbeda secara material dari yang terkandung di pernyataan berwawasan ke depan yang mungkin kita buat. Mengingat risiko, ketidakpastian, dan asumsi ini, peristiwa dan keadaan berwawasan ke depan yang dibahas dalam rilis ini secara inheren tidak pasti dan mungkin tidak terjadi, dan hasil aktual dapat berbeda secara material dan berlawanan dari yang diantisipasi atau tersirat dalam pernyataan berwawasan ke depan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengandalkan pernyataan berwawasan ke depan sebagai prediksi peristiwa masa depan. Selain itu, pernyataan berwawasan ke depan yang dibuat dalam rilis ini hanya terkait dengan peristiwa atau informasi pada tanggal pernyataan tersebut dibuat dalam rilis ini. Kecuali sebagaimana diharuskan oleh hukum, kami tidak berkewajiban untuk memperbarui atau merevisi pernyataan berwawasan ke depan, baik sebagai hasil dari informasi baru, kejadian di masa depan atau sebaliknya, setelah tanggal pernyataan dibuat atau untuk mencerminkan kejadian yang tidak terduga.

TENTANG FARFETCH

Farfetch Limited merupakan platform global terkemuka untuk industri fashion mewah. Didirikan pada tahun 2007 oleh José Neves untuk kecintaan pada fashion, dan diluncurkan pada tahun 2008, Farfetch dimulai sebagai pasar e-niaga untuk butik mewah di seluruh dunia. Saat ini Farfetch Marketplace menghubungkan pelanggan di lebih dari 190 negara dengan barang-barang dari lebih dari 50 negara dan lebih dari 1.300 merek, butik, dan department store terbaik dunia, memberikan pengalaman belanja yang benar-benar unik dan akses ke pilihan kemewahan terluas di satu platform. Bisnis tambahan Farfetch meliputi Farfetch Platform Solutions, yang melayani klien perusahaan dengan kemampuan e-commerce dan teknologi; Browns and Stadium Goods, yang menawarkan produk mewah kepada konsumen; dan New Guards, sebuah platform untuk pengembangan merek fashion global. Farfetch juga berinvestasi dalam inovasi seperti solusi ritel tambahan, Store of the Future, dan mengembangkan teknologi utama, solusi bisnis, dan layanan untuk industri fashion mewah. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.farfetchinvestors.com.

TENTANG ALIBABA GROUP

Misi Alibaba Group adalah memudahkan berbisnis di mana saja. Perusahaan bertujuan untuk membangun infrastruktur perdagangan di masa depan. Membayangkan bahwa pelanggannya akan bertemu, bekerja dan tinggal di Alibaba dan akan menjadi perusahaan yang baik yang bertahan selama 102 tahun.

TENTANG RICHEMONT

Richemont memiliki portofolio Maisons internasional terkemuka yang diakui atas warisan, keahlian, dan kreativitas mereka yang khas. Grup beroperasi di empat area bisnis: Jewellery Maisons, yaitu Buccellati, Cartier dan Van Cleef & Arpels; Spesialis Pembuat Jam, yaitu A. Lange & Söhne, Baume & Mercier, IWC Schaffhausen, Jaeger-LeCoultre, Panerai, Piaget, Roger Dubuis dan Vacheron Constantin; Distributor Online yaitu YOOX NET-A-PORTER GROUP (NET-A-PORTER, MR PORTER, YOOX, THE OUTNET) dan Watchfinder & Co .; dan Lainnya, terutama Fashion & Accessories Maisons, mencakup Alaïa, Chloé, dunhill, Montblanc, dan Peter Millar.

TENTANG ARTEMIS

Artemis didirikan pada tahun 1992 oleh pengusaha Prancis François Pinault. Artemis merupakan pemegang saham pengendali grup Luxury global Kering (Gucci, Saint Laurent, Bottega Veneta, Balenciaga, Alexander McQueen, Brioni, Boucheron, Pomellato, Dodo, Qeelin, Ulysse Nardin, Girard-Perregaux, dan Kering Eyewear). Artemis juga memiliki berbagai perusahaan bergengsi seperti rumah lelang Christie, kebun anggur Chateau Latour, dan kapal pesiar ekspedisi Ponant. Sebagai pemegang saham profesional, Artemis berfokus pada pertumbuhan jangka panjang dan penciptaan nilai.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20201105006200/en/

Kontak
Hubungan Investor Farfetch:
Alice Ryder
VP Investor Relations

Farfetch Media:
Susannah Clark
VP Communications, Global
+44 7788 405224

Brunswick Group
US: +1 (212) 333 3810
UK: +44 (0) 207 404 5959

Alibaba Group:
Julia Hutton-Potts
j.hutton-potts@alibaba-inc.com
+44-7307807007

Holly Zhao
+1-5054693316

Ivy Ke
+852-55909949

Richemont:
Sophie Cagnard, Direktur Komunikasi Perusahaan Grup
James Fraser, Eksekutif Hubungan Investor
Investor/pertanyaan-pertanyaan analis: +41 22 721 30 03; investor.relations@cfrinfo.net
Pertanyaan-pertanyaan Media: +41 22 721 35 07; pressoffice@cfrinfo.net; richemont@teneo.com

Sumber: Farfetch Limited

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020