Di Pertagas, kami memandang CSR bukan sekadar menjadi kewajiban, melainkan sebagai kebutuhan..
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Gas (Pertagas), perusahaan terafiliasi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Pertamina (Persero), mengapresiasi dukungan media massa terhadap perusahaan di tengah pandemi COVID-19 dan krisis ekonomi global.

Peran media massa sangat strategis dalam menginformasikan berbagai upaya Pertagas ikut berkontribusi melalui implementasi program pertanggungjawaban sosial perusahaan (CSR). Program ini membantu menangani dampak yang ditimbulkan pandemi terhadap kelompok-kelompok masyarakat pelaku UMKM, dan kelompok rentan di masyarakat sekitar area operasi.

“Di Pertagas, kami memandang CSR bukan sekadar menjadi kewajiban, melainkan sebagai kebutuhan dan bagian mitra kolaborasi antara perusahaan dengan masyarakat, untuk tumbuh kembang bersama,” ujar Wiko Migantoro, Direktur Utama Pertagas, saat memberikan sambutan secara virtual pada Penganugerahan Pemenang Lomba Jurnalistik Pertamina Gas 2020 di Jakarta, Jumat.

Menurut Wiko, dalam kondisi sesulit apapun ketika sebuah bencana terjadi, selalu ada cara yang baik untuk mengatasinya, yaitu dengan mengedepankan kerjasama, kolaborasi, sinergi antara pemerintah, kelompok masyarakat terdampak, dan korporasi.

Wiko mengatakan pelaksanaan lomba penulisan jurnalistik Pertagas tidak hanya mampu mengedukasi masyarakat, namun di sisi lain juga mampu menyampaikan informasi secara benar, berimbang, dan tanpa bias atas apa yang sudah dilakukan Peragas, khususnya selama pandemi COVID 19.

Fitri Erika, Sekretaris Perusahaan Pertagas, mengatakan Lomba Jurnalistik Pertagas 2020 berawal dari keinginan Pertagas untuk terus menjalin hubungan baik serta memberikan ruang berkreasi dan apresiasi terhadap rekan-rekan jurnalis dan media yang selama ini telah membantu menyampaikan informasi positif mengenai kinerja dan peran perusahaan kepada masyarakat luas.

Menurut Fitri Erika, lomba jurnalistik kali ini khususnya untuk mensyaratkan teknik penulisan mendalam (in depth reporting) dengan mengangkat tema besar tentang CSR yang dilakukan oleh Pertagas yang mengambil Tema “Berdaya di Tengah Pandemi: Eksistensi Kampung Binaan Pertamina Gas.

Setelah melewati proses penjurian yang sangat ketat dengan mengedepankan lima parameter, yaitu ide atau gagasan, gaya penulisan, nara sumber, media tayang, dan kaidah bahasa, terpilih enam karya terbaik dan empat karya nominasi penghargaan.

Berikut Pemenang Lomba Jurnalistik Tahun 2020 Pertagas:

1.Rio Indrawan (Dunia Energi)
Judul: Padi Organik Menuju Ekonomi Lebih Baik

2.Faisal Yunianto (Antara)
Judul: Berkah Pandemi, Sahabat Tuli Pertagas Hasilkan Karya Fesyen Berkelas

3.Ridwan Harahap (OGIndonesia)
Judul: Cara Cerdas Pertagas Berdayakan Petani Cilamaya

4. Yanto Kusdiantono (Koran Sindo)
Judul: Pandemi, Momentum Berdayakan Masyrakat; CSR Pertagas Kembangkan Pertanian Ramah Lingkungan

5. Euis Rita Hartati (Harian Investor Daily)
Judul: Asman Toga Melati Meraih “Berkah” di Tengah Pandemi Covid-19
6. Egensius Soda (Majalah Tambang)

6.Egensius Soda (Tambang)
Judul: Geliat Saluyu dan Kenangan di Tengah Pandemi


Empat Nominasi Mendapatkan Penghargaan Panitia

1.Azis Husaini (Kontan)
Judul    : Pelaku UMKM terdampak Covid, Pertags terus jaga kelompok tuli sampai petani

2.Alamsyah Pua Saba (Portalindonesianews)
Judul: Kortugres: Inovasi, Mandiri, dan Percaya Diri

3.Ali Rahman (Indo Pos)
Judul: Terus Beradaptasi, CSR Pertagas Sebut Pandemi Bukan  Halangan

4. Faja El Pradianto (Rmco)
Judul: Jalani Amanah Orang Tua, Sukses di Kampung Ikan Asp Binaan Pertagas


Baca juga: Pertagas Grup raih enam penghargaan keselamatan migas 2020
Baca juga: Program CSR Pertagas tetap berjalan di tengah pandemi COVID-19
Baca juga: Berkah pandemi, sahabat tuli Pertagas hasilkan karya fesyen berkelas

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2020