Jakarta (ANTARA) - Anggota Komite Kompetisi AFC menggelar rapat untuk membahas agenda setting di sepanjang 2021, salah satu poinnya yakni perihal jadwal Piala AFC U-16 yang belum mendapatkan titik temu kapan akan dimulai.

Dikutip dalam laman resmi PSSI, Indonesia yang diwakili anggota eksekutif PSSI Endri Erawan melaporkan pelaksanaan babak final Piala AFC U-16 yang semula dijadwalkan pada 14 hingga 31 Oktober 2020 belum menemukan titik temu.

Rencana awal pada April 2021 pun belum menemui kesepakatan sebab akan berbenturan dengan bulan Ramadhan. Sementara tuan rumah masih tetap belum mengalami perubahan yakni di Bahrain.

Baca juga: AFC tunda Piala Asia U-16 dan U-19 sampai awal 2021
Baca juga: Bima: penundaan Piala Asia U-16 pengaruhi jadwal TC


"Ada beberapa putusan yang harus didiskusikan lebih lanjut terkait jadwal kompetisi terkini. Ini menjadi tantangan bagi semua anggota asosiasi untuk memberikan saran dan keputusan terbaik sehingga geliat sepakbola Asia bisa berjalan kembali," ujar Endri.

Sementara untuk aturan tahun kelahiran pemain di Piala AFC U-16 mengalami perubahan. Jika sebelumnya peraturan tahun kelahiran pemain diatur berbeda pada babak kualifikasi dan final, kini diseragamkan.

"Sebelumnya kelahiran Januari 2004 untuk babak kualifikasi dan kelahiran September 2004 untuk final, maka penyesuaian usia pun dilakukan hanya pada kelahiran Januari 2004 saja untuk kedua babak," kata dia.

Selain Piala AFC U-16, dibahas pula mengenai Piala AFC U-19, Piala Asia AFC U-23, AFC Champions League, AFC Cup serta AFC Equipment Regulation.

Khusus untuk Piala Asia U-23 2022, AFC masih mencari opsi tuan rumah pascamundurnya federasi sepakbola China (CFA) .Penunjukkan tuan rumah akan kembali ke proses penawaran kepada anggota asosiasi AFC dari wilayah Asia Barat dengan skema pengajuan proposal.

"Masing-masing anggota kompetisi memberikan masukan sebelum putusan akhir disahkan, apalagi masing-masing anggota asosiasi memiliki agenda kompetisinya masing-masing. Situasi dan kondisi di tengah pandemi Covid-19 menjadi pertimbangan dalam mengesahkan semua keputusan," kata dia.

Baca juga: Indra Sjafri paparkan lima keputusan dalam rapat Komite Teknik AFC
Baca juga: FIFPRO kecewa AFC diam-diam pindahkan Liga Champions Asia ke Doha
Baca juga: Menpora tanggapi kabar Piala Dunia U-20 yang tak masuk kalender AFC

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020