Kemarin, aktivitas Merapi meningkat hingga pengangkatan 1 juta guru

id humaniora kemarin,gunung merapi,guru

Kemarin, aktivitas Merapi meningkat hingga pengangkatan 1 juta guru

Petugas mempersiapakan kendaraan taktis hagglunds di Posko Palang Merah Indonesia (PMI) Pakem, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (11/11/2020). Saat ini PMI dan Basarnas telah menyiagakan kendaraan taktis sebagai salah satu bentuk mitigasi bencana di lereng Gunung Merapi menyusul naiknya status Gunung Merapi dari waspada (level II) menjadi siaga (level III). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/hp. (.)

Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita penting dan menarik bidang humaniora pada hari kemarin (11/11) 2020, yang informasinya masih patut disimak pada hari ini seperti aktivitas seismik Gunung Merapi yang terus meningkat, rencana pengangkatan satu juta guru honorer oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hingga perkembangan vaksin Sinovac yang dilakukan uji klinis.

Aktivitas Seismik Gunung Merapi Terus Meningkat

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta menyebut aktivitas seismik dan deformasi di tubuh Gunung Merapi terus meningkat. Sejak status Gunung Merapi ditetapkan menjadi Siaga pada 5 November lalu, kini aktivitas gunung api aktif tersebut disebut melampaui aktivitas menjelang terjadinya letusan pada 2006.

Simak penjelasan aktivitas Gunung Merapi secara detil di sini.

Satu Juta Guru Honorer Akan Diangkat Pegawai

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan pengangkatan guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hingga satu juta pada 2021. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim yang mengatakan pengangkatan guru honorer menjadi pegawai akan melalui seleksi berkeadilan.

Simak penjelasan lebih lengkap tentang pengangkatan guru honorer di sini.

Prosedur Umrah, WNI Positif COVID-19 Ditangani Saudi

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Arfi Hatim mengatakan 13 jamaah umrah Indonesia di Tanah Suci, Arab Saudi, yang terkonfirmasi positif COVID-19, ditangani otoritas pemerintah dan operator setempat. Hal tersebut, kata Arfi, merupakan prosedur pelaksanaan ibadah umrah uji coba di masa pandemi ini.

Simak perkembangan prosedur umrah pada masa pandemi di sini.

Uji Klinis Vaksin Sinovac di Bandung Masih Aman

PT Bio Farma (Persero) menyatakan uji klinis fase tiga Vaksin COVID-19 buatan Sinovac China di Indonesia masih aman karena belum ada laporan mengenai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius atau Serious Adverse Event (SAE). Selain itu, belum ada laporan kejadian serius yang tidak diinginkan dari para relawan yang diduga berhubungan dengan vaksin atau kegiatan vaksinasi.

Simak perkembangan uji klinis vaksin lebih detil di sini.

 

Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar