untuk seluruh pejuang kanker payudara di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada acara puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) karena memiliki komitmen dalam menerapkan 3M atau memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan bagi penyintas kanker payudara.

"Ini merupakan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. YKPI selalu berkampanye untuk gerakan 3M itu. Ini kami lakukan sepanjang waktu, dan selalu kami gaungkan setiap acara-acara kami," ujar Ketua Umum YKPI, Linda Agum Gumilar, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Sementara itu, YKPI juga memiliki komitmen untuk menekan angka kejadian kanker payudara stadium lanjut di Indonesia. Linda mengatakan YKPI telah menyiapkan sejumlah program pada 2021 mendatang.

Program tersebut yakni sosialisasi deteksi dini kanker payudara melalui virtual, untuk menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia. Juga, akan menggelar pelatihan Sadari.

"Kami juga sedang mempersiapkan pertemuan virtual South East Asia Breast Cancer Symposium (SEABCS). Jadi kami tidak hanya berkiprah di dalam negeri, namun juga bergabung dengan internasional dimana YKPI juga banyak memberikan kontribusi," kata Linda yang juga penyintas kanker payudara itu.

Baca juga: YKPI : Kepedulian pada penyintas kanker tekan kejadian stadium lanjut

Baca juga: Jangan takut dulu, tak semua benjolan di payudara itu kanker


Pemberian penghargaan itu dilaksanakan secara virtual, dan dihadiri oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan segenap jajaran pejabat Kemenkes.

"Saya bersyukur dan tidak menduga mendapatkan penghargaan ini. Keberhasilan dan penghargaan ini bukan hanya untuk kami, YKPI, pengurus dan pilarnya tapi juga untuk seluruh pejuang kanker payudara di Indonesia," sambung Linda.

Linda mengatakan, penghargaan itu akan semakin menggenjot semangat YKPI untuk melakukan sosialisasi deteksi dini kanker payudara di Indonesia, dalam rangka menekan angka kejadian kanker payudara stadium lanjut.

"Pemerintah itu tidak mungkin bekerja sendiri. Memang dalam membangun negara ini harus ada tiga pilar, pemerintah, masyarakat, dan swasta. Di sinilah YKPI selalu berdiri berperan sebagai bagian dari masyarakat untuk menekan kejadian angka kanker payudara stadium lanjut," terang Linda.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengatakan Hari Kesehatan Nasional 2020 merupakan momentum untuk mewujudkan Indonesia semakin sehat, dengan cara menjaga diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

"Selamatkan bangsa dari pandemi COVID-19, dengan cara menjaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan dengan sabun. Mari kita bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik bagi bangsa dan negara," imbau Menkes.

Baca juga: Memilih bra tanpa kawat yang nyaman

Baca juga: YKPI hibahkan satu unit mobil kemoterapi ke RS Dharmais

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020