Pilkada Surabaya, PSI kerahkan relawan sasar 50.000 rumah warga

id PSI surabaya,relawan eri-armuji,pilkada surabaya,pilkada 2020

Pilkada Surabaya, PSI kerahkan relawan sasar 50.000 rumah warga

Relawan dari PSI Surabaya siap berkampanye pintu ke pintu memenangkan pasangan Eri Cahyadi-Armudji pada Pilkada 9 Desember 2020. ANTARA/Handout/FA)

Surabaya (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (DPD PSI) Kota Surabaya mengerahkan relawan pemenangan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri dan Armuji dengan menyasar 50.000 rumah warga di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur.

"Kami targetkan 200 relawan siap bergerak ke masyarakat untuk mengenalkan sosok Eri-Armuji dan gagasannya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PSI Surabaya Yusuf Lakaseng di Surabaya, Selasa.

Baca juga: PSI resmi beri dukung Eri-Armuji di Pilkada Surabaya

Baca juga: PSI disarankan usung calon milenial dalam pilkada


Menurut dia, pihaknya telah menyelenggarakan pelatihan relawan untuk pemenangan Eri Cahyadi-Armuji di kantor DPD PSI Surabaya pada 15-16 November 2020. Pelatihan ini diadakan untuk mengaktifkan mesin partai di lapangan dan sebagai wujud konkret PSI memenangkan pasangan calon nomor 01 di Pilkada Surabaya.

Selain itu, lanjut dia, seluruh relawan yang terdiri dari pengurus-pengurus PSI Surabaya tingkat kecamatan dan anggotanya mendapatkan pembekalan dan panduan komunikasi untuk kegiatan canvassing.

Kegiatan canvassing yang dimaksud adalah melakukan kampanye dari pintu ke pintu (door to door) untuk memastikan masyarakat mengenal kandidat secara profil maupun visi dan misinya secara baik.

"Para relawan diberikan tugas utama sebagai juru bicara. Pelatihan ini dilakukan untuk memastikan seluruh relawan telah memahami dan mengilhami gagasan dan program yang dibawa oleh Eri-Armuji untuk Surabaya. Hal ini dilakukan supaya masyarakat mendapatkan pertimbangan yang komplit dalam memilih Eri-Armuji," kata Yusuf.

Dalam kegiatan canvassing yang akan dilakukan sepuluh hari ke depan ini, lanjut dia, PSI Surabaya menargetkan jangkauan 50.000 rumah warga. PSI meyakini dengan mendatangi rumah warga satu per satu untuk mensosialisasikan program Eri-Armuji, akan menjadi langkah efektif mengedukasi warga tentang pentingnya politik gagasan.

Kegiatan canvassing ini juga dilakukan untuk melawan politik uang yang mungkin saja terjadi dalam proses pilkada kali ini.

"Ini adalah sisa satu bulan yang sangat krusial dalam pemenangan Eri-Armuji. Mesin partai sudah bergerak, termasuk seluruh kader PSI. Relawan ini menjadi amunisi tambahan bagi PSI demi memenangkan Eri Cahyadi-Armuji pada 9 Desember 2020. Kami tidak akan gentar terhadap segala macam intimidasi, kami akan terus berjuang hingga masa tenang, hingga Eri Cahyadi-Armuji menang," katanya.

Diketahui Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 01 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI. Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 02 diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

Baca juga: PSI coret Gunawan sebagai peserta konvensi Pilkada Surabaya

Baca juga: Kader PSI jelaskan alasan daftar Cawali Surabaya di PDIP


 

Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar